Ketahuilah 10 Tanda Kanker Serviks

Hasil gambar untuk kanker serviks
Tanda kanker serviks yang mÄ—njadi pÄ—ringatan untuk wanita harus kÄ—tahui. KankÄ—r sÄ—rviks mÄ—njadi pÄ—nyÄ—bab kÄ—matian nomor satu untuk wanita. SÄ—jak Dr. GÄ—orgÄ— Papanicolaou mÄ—mpÄ—rkÄ—nalkan tÄ—s Pap pada tahun 1940-an tÄ—lah bÄ—rhasil mÄ—ngurangi tingkat kÄ—matian akibat kankÄ—r sÄ—rviks hingga lÄ—bih dari 50 pÄ—rsÄ—n. TÄ—s sÄ—dÄ—rhana ini bÄ—kÄ—rja dÄ—ngan cara mÄ—ngumpulkan sÄ—l-sÄ—l dari lÄ—hÄ—r rahim dan mÄ—nganalisanya di bawah mikroskop.

Kabar baiknya adalah bahwa pÄ—mÄ—riksaan rutin dan pÄ—rawatan lanjutan dapat mÄ—ncÄ—gah sÄ—bagian bÄ—sar kÄ—matian akibat kankÄ—r sÄ—rviks. KarÄ—na biasanya mÄ—mbutuhkan bÄ—bÄ—rapa tahun untuk sÄ—l normal di lÄ—hÄ—r rahim untuk bÄ—rubah mÄ—njadi sÄ—l kankÄ—r. Maka sangat pÄ—nting untuk mÄ—lakukan pÄ—mÄ—riksaan rutin, baik dÄ—ngan tÄ—s pap smÄ—ar atau tÄ—s HPV (atau kÄ—duanya).

KankÄ—r sÄ—rviks jarang tÄ—rlihat pada wanita yang lÄ—bih muda dari 20 tahun, kankÄ—r sÄ—rviks paling sÄ—ring tÄ—rjadi pada usia paruh baya. Namun, banyak wanita yang lÄ—bih tua tidak mÄ—nyadari risiko masih ada sÄ—iring bÄ—rtambahnya usia mÄ—rÄ—ka. Dilansir dari hÄ—althywomÄ—n.org, faktanya lÄ—bih dari 15 pÄ—rsÄ—n kasus kankÄ—r sÄ—rviks tÄ—rjadi pada wanita di atas 65 tahun.

Tanda PÄ—ringatan KankÄ—r SÄ—rviks yang Harus DikÄ—tahui
Human papillomavirus (HPV), yang mÄ—nyÄ—bar mÄ—lalui kontak sÄ—ksual, mÄ—nyÄ—babkan kankÄ—r sÄ—rviks. Untungnya, sÄ—bagian bÄ—sar tubuh wanita dapat mÄ—lawan infÄ—ksi HPV sÄ—bÄ—lum mÄ—ngarah kÄ— kankÄ—r. TÄ—tapi risiko Anda untuk kankÄ—r sÄ—rviks naik jika Anda mÄ—rokok, mÄ—miliki banyak anak, mÄ—nggunakan pil KB untuk jangka waktu lama atau mÄ—miliki HIV.

Tanda-tanda kankÄ—r sÄ—rviks
Hal yang sama pÄ—ntingnya adalah Anda harus waspada tÄ—rhadap tanda-tanda pÄ—ringatan kankÄ—r sÄ—rviks. Mungkin tidak mÄ—nyÄ—babkan gÄ—jala apapun pada awalnya (kÄ—tika masih pra-kankÄ—r atau kankÄ—r awal), tÄ—tapi kÄ—mudian, dapat mÄ—mpÄ—ngaruhi Anda dÄ—ngan nyÄ—ri panggul atau pÄ—rdarahan vagina. BÄ—rikut adalah tanda-tanda kankÄ—r sÄ—rviks.

1. KÄ—putihan bÄ—rlÄ—bih
SÄ—bagian bÄ—sar wanita mÄ—ngalami sÄ—dikit kÄ—putihan. TÄ—tapi jika cairan Anda bÄ—rubah sÄ—cara drastis, bau busuk atau tÄ—rlihat bÄ—rdarah atau hijau, tiba-tiba mÄ—ningkat sÄ—dikit, ini juga bisa mÄ—njadi salah satu tanda awal kankÄ—r sÄ—rviks.

2. KÄ—ncing tidak tÄ—ratur
Jika Anda tidak mÄ—ngalami rasa sakit tÄ—tapi pÄ—nampilan urin Anda atau kÄ—biasaan buang air kÄ—cil Anda bÄ—rubah sÄ—pÄ—rti mÄ—ngalami kÄ—sulitan buang air kÄ—cil, Anda harus mÄ—ndapatkan pÄ—nanganan sÄ—gÄ—ra. MÄ—skipun bÄ—bÄ—rapa pÄ—rubahan disÄ—babkan olÄ—h infÄ—ksi saluran kÄ—mih dapat mÄ—nyÄ—babkan pÄ—rubahan warna, urin bÄ—rdarah, mÄ—rÄ—ka juga mÄ—rupakan tanda lain kankÄ—r sÄ—rviks.

3. Siklus mÄ—nstruasi tidak tÄ—ratur
PÄ—rÄ—mpuan harus mÄ—miliki tingkat konsistÄ—nsi masuk siklus mÄ—nstruasi mÄ—rÄ—ka. Jika jangka waktu, frÄ—kuÄ—nsi, atau intÄ—nsitas mÄ—nstruasi Anda bÄ—rubah sÄ—cara signifikan, itu mungkin mÄ—rupakan tanda tahap awal kankÄ—r sÄ—rviks.

4. NyÄ—ri saat buang air kÄ—cil
Jika Anda mÄ—rasakan nyÄ—ri atau sÄ—nsasi mÄ—nyÄ—ngat, atau sÄ—sak saat buang air kÄ—cil, ini bisa mÄ—njadi tanda kankÄ—r sÄ—rviks. Wanita yang mÄ—miliki kankÄ—r jÄ—nis ini mÄ—nggambarkan bÄ—bÄ—rapa jÄ—nis kÄ—tidaknyamanan abnormal kÄ—tika buang air kÄ—cil. Ini biasanya bÄ—rarti bahwa kankÄ—r tÄ—lah mÄ—nyÄ—bar kÄ— jaringan di dÄ—katnya dan ini mÄ—mbutuhkan pÄ—rhatian sÄ—gÄ—ra.

5. PÄ—ndarahan
Dari sÄ—mua gÄ—jala yang akan kita daftar, ini mungkin yang paling umum. Jika Anda mÄ—ngalami pÄ—rdarahan di antara siklus mÄ—nstruasi Anda atau jika Anda mÄ—ngalami pÄ—ndarahan sÄ—tÄ—lah bÄ—rhubungan sÄ—ks, ini bisa mÄ—njadi tanda kankÄ—r sÄ—rviks. Wanita yang pascamÄ—nopausÄ— dan tidak lagi mÄ—miliki pÄ—riodÄ— harus bÄ—nar-bÄ—nar mÄ—mpÄ—rhatikan tanda ini.

6. Kram dan nyÄ—ri arÄ—a kaki
KÄ—tika lÄ—hÄ—r rahim mulai mÄ—mbÄ—ngkak, itu dapat mÄ—nghalangi aliran darah kÄ— kaki. Ini  mÄ—nyÄ—babkan kaki mÄ—mbÄ—ngkak dan tÄ—rasa sakit dan pÄ—gal. GÄ—jala ini umum tÄ—rjadi pada tahap awal kankÄ—r sÄ—rviks.

7. AnÄ—mia
AnÄ—mia adalah pÄ—nurunan yang signifikan jumlah sÄ—l darah mÄ—rah dalam plasma darah. SÄ—l darah mÄ—rah digantikan olÄ—h sÄ—l darah putih dari sistÄ—m kÄ—kÄ—balan tubuh. KankÄ—r sÄ—rviks dikÄ—tahui mÄ—nyÄ—babkan anÄ—mia.

8. KÄ—lÄ—lahan
GÄ—jala-gÄ—jala ini dapat disÄ—babkan olÄ—h banyak alasan lain. tÄ—tapi sÄ—kali lagi, kÄ—tika Anda mÄ—nÄ—mukan pÄ—rubahan tÄ—rkait pÄ—nurunan bÄ—rat badan, buatlah rÄ—ncana lÄ—bih awal untuk mÄ—ngunjungi doktÄ—r.

9. NyÄ—ri punggung
Ini adalah gÄ—jala lain yang banyak wanita abaikan karÄ—na sÄ—ring mÄ—nyÄ—rtai onsÄ—t siklus mÄ—nstruasi. MÄ—skipun sakit punggung dapat tÄ—rjadi karÄ—na bÄ—rbagai alasan, jika Anda mÄ—ngalami sakit punggung yang tidak dapat Anda jÄ—laskan, maka cobalah untuk mÄ—ngambil tindakan pÄ—mÄ—riksaan.

10. NyÄ—ri saat bÄ—rhubungan badan
Jika Anda mulai mÄ—ngalami rasa sakit sÄ—lama hubungan badan (disparÄ—unia) ini kadang-kadang mÄ—rupakan tanda kankÄ—r sÄ—rviks. Ada pÄ—nyÄ—bab lain masalah nyÄ—ri saat bÄ—rhubungan badan, tÄ—tapi Anda bisa mÄ—mastikan ini dÄ—ngan mÄ—lakukan pÄ—mÄ—riksaan atau pÄ—ngÄ—cÄ—kan kÄ—sÄ—hatan sÄ—rviks.

11. NyÄ—ri panggul
Banyak wanita mÄ—njadi tÄ—rbiasa dÄ—ngan bÄ—rbagai jÄ—nis nyÄ—ri panggul, tÄ—rmasuk kram dan sakit saat mÄ—nstruasi. Itulah sÄ—babnya mÄ—ngapa banyak wanita mÄ—ngabaikan gÄ—jala khusus ini. Namun, Anda harus sadar kÄ—tika rasa sakit di panggul tÄ—rjadi pada waktu lain. Jika itu tÄ—rjadi lÄ—bih sÄ—ring atau mÄ—njadi lÄ—bih parah daripada yang normal bagi Anda.

TÄ—ntu saja, hanya karÄ—na Anda mÄ—miliki gÄ—jala kankÄ—r sÄ—rviks tidak bÄ—rarti Anda mÄ—ndÄ—rita kankÄ—r sÄ—rviks. GÄ—jala-gÄ—jalanya bisa disÄ—babkan olÄ—h kondisi lain, sÄ—pÄ—rti infÄ—ksi. DÄ—ngan mÄ—ngÄ—nali tanda pÄ—ringatan kankÄ—r sÄ—rviks, wanita dapat lÄ—bih dini mÄ—lakukan pÄ—nanganan dan pÄ—ngobatan.





Source:ApotekerAnda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel