Luar Biasa!! Sepintas Hanya Seperti Tanaman Hias, Ternyata Tanaman Ini Mampu Mencegah Penyakit Tumor Ganas, Turunkan Darah Tinggi Hingga Diabetes!!

Sepintas, tanaman sambung nyawa seperti tanaman hias biasa, warna daunnya hijau, tetapi jika sudah tua daunnya bakal berubah jadi keunguan, begitupun dengan batangnya. Dibalik " kesederhanaan " daun itu, nyatanya daun sambung nyawa mempunyai khasiat yang banyak pada kesehatan badan. Tanaman sambung nyawa sejatinya bisa hidup bebas di alam, tetapi tanaman ini juga dapat dikembangbiakkan dengan stek batang. Cara perkembangbiakan yang gampang serta murah untuk tanaman yang mempunyai nama lain Gynura procumbens itu.


Sudah banyak riset yang menyebutkan bahwa tanaman sambung nyawa memiliki kandungan senyawa metabolit, diantaranya : Flavonoid, Saponin, Steroid, Triterpenoid, Asam Fenolat serta Minyak Atsiri. Kandungan-kandungan tersebutlah yang bikin sambung nyawa bisa digunakan untuk sebagian terapi tersebut :

1. Bisa menurunkan tekanan darah untuk pasien darah tinggi.
2. Bisa menurunkan kadar gula darah untuk pasien diabetes melitus.
3. Punya kandungan Antiinflamasi (Anti radang).
4. Punya kandungan Antibiotik terlebih kuman Staphilococcus aureus yang dapat mengakibatkan infeksi pada kulit (impetigo serta furunkel) yang cukup serius.
5. Hepatoprotektor (Pelindung hati). Suatu penelitian mengatakan bahwa, Sambung nyawa bisa menurunkan kandungan SGPT mencit putih jantan galur Swiss yang sudah diinduksi paracetamol.
6. Pelindung mukosa lambung serta Antioksidan dengan kandungan flavonoid (7, 3, 4 trihidroksi flavon) nya.
7. Menghalangi pertumbuhan tumor (Sel vero serta mieloma) terumata pada ekstrak etanolnya.

Tetapi perlu diingat, untuk Anda yang mau mengembangbiakkan tanaman itu, sambung nyawa membutuhkan kadar air yang cukup hanya naungan matahari lebih kurang 55% saja. Bila terlalu banyak ataupun sedikit bisa menurunkan kwalitas sambung nyawa sendiri. Tanaman sambung nyawa bisa dipanen pada umur 1 bulan, tetapi dampak antibakterinya kurang, bila dibanding dipanen pada umur 4 bulan serta 7 bulan. (Panen ketika 4 Bulan atau 7 Bulan dampaknya hampir sama).

Langkah Menyajikan Daun Sambung Nyawa

Langkah menyajikanya juga sangatlah gampang, bisa langsung dikonsumsi, ataupun sebagai lalapn, dapatlah ditumis atau digabung dalam soup, dapat pula dibuah minuman baik diseduh atau dijus. Bisa sesuai dengan selera anda..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel