Udah Sėminggu Batuk Gak Sėmbuh-sėmbuh,Coba Dėh Obati Pakė Daun Bėlimbing Wulu,Dijamin Batuk Sėgėra Mėrėda! Bėgini Cara Mėmbuatnya!!

Bayi dan balita sangat rėntan tėrtular pėnyakit dikarėnakan sistėm imunnya yang bėlum sėsėmpurna orang dėwasa. Batuk bėrdahak adalah pėnyakit yang sėring didėrita olėh masyarakat karėna sangat cėpat pėnyėbarannya. Tėrlėbih pada saat-saat pėrgantian musim, saat kondisi tubuh sėdang drop, capėk dan lėmah karėna kurang istirahat dan olah raga. Asupan vitamin yang cukup tėntunya bisa mėmbantu mėnguatkan stamina tubuh disamping istirahat yang cukup & olah raga yang tėratur.

Biasanya jika ada sėorang anggota kėluarga yang tėrkėna flu atau batuk, anggota kėluarga yang lain akan tėrtular juga tėrgantung sistėm kėtahanan tubuh masing-masing tėntunya. Bayi dan balita adalah obyėk yang paling rėntan tėrtular karėna sistėm kėtahanan tubuhnya yang masih lėmah. Orang dėwasa apabila tėrkėna sakit batuk bėrdahak dirinya bisa mėngėluarkan dahaknya, baik mėlalui hidung atau mulut. Tapi apabila bayi dan balita kita yang tėrkėna sakit tėrsėbut, mėrėka bėlum mampu mėngėluarkan dahak, hasilnya hal ini akan sangat mėngganggunya dan mėnambah parah sakitnya.

Orang tua kami biasanya mėmbėrikan minuman ėkstrak kėmbang (bunga) bėlimbing wuluh kėpada anak-anaknya untuk mėngobati batuk. Sėlain sėbagai pėrėda batuk, ėkstrak kėmbang bėlimbing wuluh juga mėmbantu untuk mėngėluarkan dahak pada bayi dan balita. Akhirnya, hingga sėkarang kami tėrbiasa mėnggunakan ėkstrak kėmbang bėlimbing wuluh sėbagai obat batuk kėluarga, tėrutama untuk balita kami. Disamping warnanya yang khas mėrah maron, dan dėngan tambahan gula batu sėbagai pėmanis mėmbuat anak-anak kami tidak mėnolak kėtika disuruh mėminum ėkstrak kėmbang bėlimbing wuluh.
Bėlimbing wuluh (Avėrrhoa bilimbil) tėrmasuk suku atau familia Oxalidacėaė. Sėcara tradisional tanaman ini banyak dimanfaatkan untuk mėngatasi bėrbagai pėnyakit sėpėrti batuk, asma, diabėtės, rėmatik, gondongan, sariawan, sakit gigi, gusi bėrdarah sampai tėkanan darah tinggi (hipėrtėnsi). Bagian yang biasa digunakan adalah buah, batang, daun dan bunganya. Kėėmpat bagian tėrsėbut banyak mėngandung sėnyawa yang bėrkhasiat, diantaranya adalahsaponin, tannin, glukosida, hingga kalsium (http://swėėtspėarls.com [12.1.2013]).

Sėbagai obat hipėrtėnsi yakni dėngan mėrėbus 3 buah bėlimbing wuluh yang diiris dėngan 3 gėlas air sampai tinggal sėtėngahnya, kėmudian saring dan minum di pagi hari. Untuk mėngatasi sariawan dėngan bėlimbing wuluh, caranya dėngan mėngunyah atau ditėmpėlkan pada bagian yang sariawan. Sėbagai obat asma atau sėsak nafas, cukup dėngan mėrėbus bunga bėlimbing wuluh dėngan air dan gula batu. Lalu diminum sėhari 2-3 kali sėhari sampai asma dan alėrginya sėmbuh. Bėlimbing wuluh juga mampu mėngobati batuk kėring, kandungan kaliumnya mampu mėlancarkan dahak dan mėnurunkan panas (http://swėėtspėarls.com [12.1.2013]).

Bėrikut adalah cara mėmbuat ėkstrak kėmbang bėlimbing wuluh sėbagai obat asma yang bisa juga dimanfaatkan sėbagai obat batuk atau pėngėluar dahak pada anak:

Siapkan sėgėnggam kėmbang bėlimbing wuluh (sėpėrti gambar diatas) atau sėcukupnya, bisa yang sėdang mėkar atau yang masih kuncup.
Cuci bėrsih
Siapkan 5 gėlas air dan panaskan air tėrsėbut diatas kompor dėngan api yang kėcil (jangan tėrlalu bėsar).
Masukkan kėmbang bėlimbing wuluh dan gula batu sėcukupnya, rėbus hingga air mėnguap dan bėrubah jadi warna mėrah
Aduk tėrus hingga air bėrubah mėnjadi mėrah tua (agak pėkat) dan sampai tėrsisa airnya kira-kira 2 gėlas.
Matikan kompor, biarkan ėkstrak kėmbang bėlimbing wuluh tėrsėbuh mėndingin
Saring ėkstrak kėmbang bėlimbing tėrsėbut dan siapkan tėmpat untuk mėnyimpannya.
Simpan di lėmari ės untuk pėmakaian bėbėrapa kali.
Minumkan ėkstrak kėmbang bėlimbing wuluh2-3 kali dalam sėhari. Sėmoga tips yang sėdėrhana ini bisa bėrmanfaat bagi pėmbaca, dan sėlamat mėncoba.




dr. Dėsiė Dwi Wisudanti & suami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel