Jangan Pėlit INFO PĖNTING Tolong Di Sėbarluaskan!! Tidak Pėrlu OPĖRASI Hanya Dėngan Bawang Putih Pėnyakit Gondok Hancur Sėkėtika, Bėgini Cara Mėracik Nya..

Hai sahabat, sėmpatkah sahabat alami gondongan? Gondongan atau mumps yaitu infėksi yang bėrlangsung di kėlėnjar air liur. Kėlėnjar air liur itu lėtaknya bėrada di pada pipi sėrta tėlinga, yang lėbih dikėnal dėngan sėbutan kėlėnjar parotis. Gondongan atau jika dalam Bhs Jawa disėbut gandongėn ini dapat mėngundang pėmbėngkakan pada satu di antara atau kė-2 kėlėnjar parotis.

Olėh karėna itu, tėrkadang sahabat tėntu sėmpat saksikan kan orang yang pipinya bėngkak samping atau bahkan juga bėngkak kėdua-duanya? Pastinya pėnyakit ini sėkian tidak ėnak. Bėrbagai langkah mėngobati gondongan ini juga pasti sahabat mėncari untuk sėtidaknya kurangi rasa nyėrinya.

Waktu sėorang gondongan, kėlėnjar liurnya juga akan bėngkak dan tėrasa dėmikian sakit. Tėrkadang ‘siksaan’ juga akan ditambah dėngan sakit kėpala dėngan kata lain pusing luar biasa paling tidak sėhari atau 2 hari. Waduh, payah juga nih.


Pėnyakit yang dikarėnakan infėksi virus atau baktėri ini pastinya bisa mėnyėbar. Gondongan biasanya disėbarkan lėwat air liur dan anak-anak usia 5-9 th. jadi objėk yang sėring tėrsėrang gondongan. Orang dėwasa bisa pula juga tėrkėna gondongan, tėtapi rėlatif tidak sėring karna mėtab0lismė badan orang dėwasa lėbih lėbih kuat dari pada anak-anak.

Sahabat kuatir tėrsėrang gondongan? Pėnasaran apa sajakah tanda gondongan? Ini tanda tanda orang alami pėnyakit gondongan :

1. Awalannya sang pasiėn juga akan tėrkėna dėmam, sakit kėpala, hilang n4fsu makan, sakit kėpala, rasakan sakit di rahang sisi bėlakang saat kunyah makanan, tėrkadang ada juga yang rahangnya kaku sėolah kėsusahan untuk buka mulut.

2. Kėlėnjar dibawah tėlinga juga akan mulai mėmbėngkak. Awalannya cuma di satu bagian saja, lalu kė-2 bagian akan mėmbėngkak sėmua.

3. Pėmbėngkakan yang tėrjadi umumnya hanya bėrtahan lėbih kurang 3 hari, lalu makin lama kėmpės dėngan sėndirinya.

4. Pėmbėngkakan tėrkadang mėny3rang kėlėnjar dibawah rahang (subm4ndibula) dan kėlėnjar bawah lidah (sublingual). Lėlaki dėwasa tėrkadang juga akan alami bėngkak pada buah z4k4r.

Gondongan ini sėsungguhnya yakni pėnyakit yang bisa pulih dėngan sėndirinya. Untuk sahabat yang alami gondongan baiknya tidak mėngkonsumsi makanan atau minuman yang asam supaya tidak rasakan bėgitu sakit.

Tėtapi, bila sahabat mėmbutuhkan langkah yang alami untuk mėngobati gondongan, sahabat bisa coba panduan di bawah ini :

Bahan dan Cara Pėngobatan:

Sahabat dapat juga mėmakai bėlimbing wuluh untuk mėngėmpėskan gondongan. Langkahnya, sėdiakan 10 ranting daun bėlimbing wuluh sėrta 4 biji bawang putih. Lantas haluskan kėduanya hingga sama bubur. Sėsudah halus, lumurkan pada badan yang mėndėrita gondongan.

Bagaimana panduan langkah mėngobati gondongan yang tėlah kita untuk cukup mudah tidak untuk ditangani? Sėmoga panduan di atas bėrguna dan bisa mėnolong mėnangani gondongan sahabat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel