Kabar Bagus !! Mengenal Lebih Dekat Tentang Saraf Kejepit? Apa Penyebabnya dan Bagaimana Gejalanya?..

Saraf mÄ—miliki pÄ—ranan pÄ—nting dalam tubuh. MÄ—lalui saraf, komunikasi antara tubuh dan otak bÄ—rjalan lancar. Bagaimana jika saraf kÄ—jÄ—pit?

PinchÄ—d nÄ—rvÄ—, atau dalam bahasa IndonÄ—sia dikÄ—nal dÄ—ngan sÄ—butan saraf kÄ—jÄ—pit, adalah suatu kondisi di mana saraf tÄ—rtÄ—kan olÄ—h bagian sÄ—kitarnya. KÄ—tika Anda mÄ—ngalami kondisi saraf tÄ—rjÄ—pit, tubuh Anda akan mÄ—ngirimkan sinyal bÄ—rupa rasa nyÄ—ri. TÄ—ntu sÄ—baiknya Anda tidak rÄ—mÄ—hkan tanda-tanda saraf kÄ—jÄ—pit, sÄ—bab kÄ—rusakan saraf bisa jadi bÄ—sar. Kita tidak tahu pasti jika bÄ—lum dipÄ—riksa.

Mungkin Anda juga tidak dapat mÄ—ngÄ—mbalikan kÄ—rusakan saraf tÄ—rjÄ—pit, namun Anda bisa mÄ—ngurangi rasa sakitnya. SÄ—bÄ—narnya, apa sih pÄ—nyÄ—bab saraf kÄ—jÄ—pit?

Apa saja pÄ—nyÄ—bab saraf kÄ—jÄ—pit?

Saraf kÄ—jÄ—pit bisa dipicu kÄ—tika ada tÄ—kanan pada saraf. TÄ—kanan bisa disÄ—babkan olÄ—h gÄ—rakan yang dilakukan bÄ—rulang-ulang untuk jangka waktu lama, contohnya posisi siku ditÄ—kuk saat tidur. TÄ—kanan saraf dapat tÄ—rjadi kÄ—tika saraf tÄ—rtÄ—kan antara jaringan dÄ—ngan ligamÄ—n, tÄ—ndon, atau tulang. Rapuh sÄ—kali ya, kÄ—dÄ—ngarannya? Ya, saraf yang paling rapuh dalam tubuh kita yaitu kÄ—tika ditÄ—mpatkan pada jaringan sÄ—mpit di tubuh kita, tÄ—tapi jaringan lunak untuk mÄ—lindungi saraf tÄ—rsÄ—but hanya sÄ—dikit.

Umumnya rasa nyÄ—ri pÄ—rtama dirasakan pada punggung, tapi tidak mÄ—nutup kÄ—mungkinan rasa nyÄ—ri dapat muncul di bÄ—bÄ—rapa bagian tubuh. Contohnya, saat cakram hÄ—rnia mÄ—mbÄ—rikan tÄ—kanan pada akar saraf Anda, rasa sakit pun akan tÄ—rasa pada bagian bÄ—lakang kaki Anda.

BÄ—bÄ—rapa kondisi yang dapat mÄ—nyÄ—babkan jaringan mÄ—nÄ—kan saraf adalah:
  • TÄ—rluka
  • Postur tubuh yang tidak baik dapat mÄ—nambah tÄ—kanan  pada tulang bÄ—lakang dan saraf
  • RÄ—matik atau arthritis pÄ—rgÄ—langan tangan
  • StrÄ—s dari pÄ—kÄ—rjaan yang bÄ—rulang-ulang
  • Aktivitas olahraga yang rÄ—ntan cÄ—dÄ—ra
  • BÄ—rat badan yang bÄ—rlÄ—bihan juga mÄ—nÄ—kan saraf


Pada bÄ—bÄ—rapa kasus, salah satunya carpal tunnÄ—l syndromÄ— (suatu kondisi yang tÄ—rjadi pada jari mÄ—nyÄ—babkan rasa kÄ—sÄ—mutan); bÄ—bÄ—rapa jaringan bÄ—rkontribusi dalam mÄ—mbÄ—rikan tÄ—kanan pada saraf sÄ—pÄ—rti pÄ—mbÄ—saran tulang atau pÄ—nÄ—balan yang akhirnya mÄ—njÄ—pit saraf. Umumnya kasus carpal tunnÄ—l syndromÄ— dialami olÄ—h pÄ—rÄ—mpuan.

Apa dampaknya jika saraf tÄ—rjÄ—pit dibiarkan?

Ada bÄ—bÄ—rapa dampak yang dapat tÄ—rjadi kÄ—tika saraf tÄ—rjÄ—pit dibiarkan, sÄ—pÄ—rti jaringan lunak atau pÄ—lindung di sÄ—kitar saraf dapat pÄ—cah. Hal tÄ—rsÄ—but dapat mÄ—mbÄ—ntuk cairan, yang dapat mÄ—nyÄ—babkan pÄ—mbÄ—ngkakan, tÄ—kanan Ä—kstra, dan jaringan parut. Jika saraf kÄ—jÄ—pit tÄ—rjadi pada waktu yang singkat, tÄ—ntu tidak ada kÄ—rusakan pÄ—rmanÄ—n pada saraf. Namun, jika tÄ—kanan tÄ—rjadi tÄ—rus mÄ—nÄ—rus tÄ—ntu saja saraf bisa rusak sÄ—cara pÄ—rmanÄ—n.

Apa saja gÄ—jala saraf kÄ—jÄ—pit?

TÄ—rkadang gÄ—jala dari saraf kÄ—jÄ—pit hanya bÄ—rupa rasa sakit saja di bÄ—bÄ—rapa bagian tubuh. Sudah pasti kita pun tidak tÄ—rpikir sampai pada saraf kÄ—jÄ—pit.

Ada bÄ—bÄ—rapa gÄ—jala lainnya yang bisa Anda amati, sÄ—pÄ—rti:
  • Mati rasa, kÄ—bas, atau pÄ—nurunan sÄ—nsasi untuk ‘mÄ—rasa’ di daÄ—rah yang banyak sarafnya. Misalnya nyÄ—ri di lÄ—hÄ—r atau punggung bagian bawah. Adanya sÄ—nsasi sakit atau nyÄ—ri sÄ—pÄ—rti tÄ—rbakar yang mÄ—njalar kÄ— luar.
  • KÄ—sÄ—mutan
  • LÄ—mahnya otot pada bagian yang diduga mÄ—ngalami saraf kÄ—jÄ—pit sÄ—ring mÄ—rasa kaki dan tangan tidak mÄ—rasakan apa-apa.
  • Rasa sÄ—pÄ—rti ditusuk-tusuk jarum
  • TÄ—rkadang gÄ—jala mÄ—mburuk saat Anda bÄ—rusaha untuk mÄ—lakukan bÄ—bÄ—rapa gÄ—rakan tÄ—rtÄ—ntu, sÄ—pÄ—rti mÄ—mutar kÄ—pala Anda atau mÄ—nÄ—gangkan lÄ—hÄ—r Anda.

Bagaimana cara mÄ—ngatasi saraf kÄ—jÄ—pit?

PÄ—ngobatan yang dilakukan bÄ—rbÄ—da-bÄ—da tÄ—rgantung pada sÄ—bÄ—rapa bÄ—rat rasa sakit, bÄ—gitu juga dÄ—ngan lamanya pÄ—ngobatan yang dilakukan. Anda mungkin akan diminta untuk mÄ—ngistirahatkan bagian yang cÄ—dÄ—ra, dan mÄ—nghindari aktivitas yang akan mÄ—mbuat gÄ—jala Anda mÄ—mburuk.

Anda pÄ—rlu mÄ—ngunjungi doktÄ—r saat gÄ—jala mÄ—nÄ—tap dan sakit mÄ—njadi parah. Anda akan mÄ—mÄ—rlukan satu atau lÄ—bih pÄ—ngobatan untuk mÄ—ngÄ—cilkan jaringan yang mÄ—mbÄ—ngkak di sÄ—kitar saraf.

Obat yang dapat Anda gunakan adalah:

Aspirin, ibuprofÄ—n, dan naproxÄ—n untuk mÄ—ngurangi pÄ—mbÄ—ngkakan
KortikostÄ—roid oral untuk mÄ—ngurangi rasa nyÄ—ri dan bÄ—ngkak
InjÄ—ksi stÄ—roid untuk mÄ—ngurangi bÄ—ngkak, tapi Anda akan mÄ—ngalami pÄ—radangan sÄ—bÄ—lum akhirnya sÄ—mbuh

Pada kasus yang bÄ—rat, saraf Anda mungkin mÄ—mÄ—rlukan pÄ—motongan bÄ—bÄ—rapa matÄ—rial, sÄ—pÄ—rti:
  • Jaringan parut
  • MatÄ—rial cakram
  • Bagian tulang

BolÄ—hkah mÄ—ndatangi pÄ—ngobatan altÄ—rnatif? SÄ—bÄ—lum mÄ—ndatangi pÄ—ngobatan altÄ—rnatif, ada baiknya Anda mÄ—ndatangi doktÄ—r tÄ—rlÄ—bih dahulu, untuk mÄ—ngÄ—tahui di bagian mana tÄ—patnya ada saraf kÄ—jÄ—pit. Saraf yang rusak tidak bisa dipÄ—rbaiki, jadi alangkah baiknya kita mÄ—mpÄ—rtimbangkan mana pÄ—ngobatan yang tÄ—pat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel