Teknologi Pemupukan dan Pengairan Tanaman Buah Naga (Jumjunidang)

Buah naga yang satu ini benar-benar cukup rajin berbuah. di KP. Aripan Balitbu Tropika di Kabupaten Solok Provinsi Sumatera Barat, panen buah naga dilakukan hampir setiap dua minggu sepanjang tahun.
Kondisi Budidaya Buah Naga di KP. Aripan Bulan Mei 2015
Buah tropis sejenis dengan kaktus dari famili Cactaceae jenis Hylocereus polyrhizus dengan ciri khas kulit dan daging buah berwarna merah ini memang sangat cocok dibudidayakan pada daerah topis Negara Indonesia dengan penyinaran penuh sepanjang tahun. 

Pada saat musim kemarau panjang yang melanda begara Indonesia termasuk di KP. Aripan Balitbu Tropika di Kabupaten Solok Provinsi Sumatera Barat, tanaman buah naga ini tetap rajin berbuah. Masukan teknologi yang paling diperhatikan untuk mempertahankan kondisi tersebut ialah kebutuhan air dan nutrisi (pupuk organik dan an organik).

Pada saat ini budidaya buah naga di KP. Aripan Balitbu Tropika di Kabupaten Solok Provinsi Sumatera Barat, telah dilengkapi dengan drip irigasi yang bisa mensuplai kebutuhan air pada tanaman buah naga pada saat tidak ada hujan, dengan pemberian 3 liter hingga 5 liter perrumpun, kebutuhan akan unsur hara tanaman diberikan setiap 2 bulan berupa pupuk NPK dengan dosis 200 gram perrumpun dan pupuk kandang dengandosis satu ember isi 10 liter perrumpun. 

Berdasarkan data panen yang dikumpulkan oleh team Balitbu Tropika di Kabupaten Solok Provinsi Sumatera Barat, pada blok pertanaman buah naga H. polyrhizus dengan populasi tanaman 150 rumpun dan umur 2,5 tahun, menunjukkan bahwa produksi berkisar 1,54 kg hingga 4,02kg perrumpun untuk setiap bulan, dimana puncaknya terjadi pada bulan Juli (Seperti telihat pada gambar grafik 1).
Semoga teknik diatas bisa membantu Sahabat Inspirasi Bekebun dalam meningkatkan produksi budidaya buah naga. Silahkan bagikan tulisan ini ke halaman facebook Sahabat Inspirasi Bekebun untuk menyimpan tulisan ini.

Sumber: http:// balitbu. litbang. pertanian.go.id/ind/index.php/hasil-penelitian-mainmenu-46/114-inovasi-teknologi/731-teknologi-pemupukan-dan-pengairan-tanaman-buah-naga-jumjunidang

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel