Cara Menanam Markisa Agar Cepat Berbuah Lebat

Negara Indonesia sangat terkenal akan khasanah flora dan faunanya yang sangat beragam. Ada banyak sekali jenis hewan atau tanaman yang hanya dapat ditemui di Negara Indonesia dan menjadi ciri khas Negara Indonesia. 

Salah satu tanaman yang cukup menjadi favorit masyarakat Negara Indonesia ialah buah markisa. Adapun yang menjadi daya tarik tanaman buah markisa ini tidak lain ialah rasa buahnya yang segar dan manis. Sebenarnya tanaman buah markisa ini berasal dari daratan sub tropis Negara Amerika. Walaupun demikian tanaman buah markisa ini menjadi sangat populer di Negara Indonesia.

Pada tulisan kali ini kami akan membahas bagaimana cara menanam markisa agar cepat berbuah lebat. Langsung saja Sahabat Inspirasi Berkebun ikuti langkah-langkahnya seperti dibawah ini.
Cara Menanam Markisa Agar Cepat Berbuah Lebat
Jenis Markisa
Ada 2 jenis markisa yang cukup terkenal di Negara Indonesia. Pertama adalah jenis markisa ungu, markisa ungu biasa dijumpai tumbuh di daerah dataran yang tinggi, sedangkan kedua adalah jenis markisa kuning yang lebih sering dijumpai tumbuh di daerah dataran yang rendah. Daerah di Negara Indonesia yang dikenal sebagai sentra produksi markisa adalah Provinsi Sulawesi Selatan dan Provinsi Sumatera Utara.

Mengingat akan potensi tanaman buah markisa yang sangat besar, banyak orang yang mencoba untuk mempelajari teknik menanam markisa agar cepat berbuah lebat, baik untuk kebutuhan konsumsi pribadi maupun untuk keperluan bisnis. 

Pemilihan Bibit
Hal pertama yang harus Sahabat Inspirasi Berkebun lakukan apabila ingin menanam tanaman buah markisa agar cepat berbuah lebat ialah menemukan bibit buah markisa dengan kualitas yang unggul. Bibit markisa bisa diperoleh melalui berbagai cara. 

Cara termudah menemukan bibit buah markisa ialah dengan cara membeli bibit markisa siap tanam dari petani penyalur bibit buah markisa di daerah Sahabat Inspirasi Berkebun. Apabila hal tersebut tidak bisa dilakukan, Sahabat Inspirasi Berkebun bisa melakukan pembibitan buah markisa sendiri. Pembibitan bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan cara menggunakan biji atau dengan cara menggunakan teknik stek.

Persiapan Lahan
Setelah menemukan bibit buah markisa, hal yang harus Sahabat Inspirasi Berkebun lakukan selanjutnya ialah pemilihan kebun. Pemilihan kebun sebagai lokasi penanaman buah markisa ini sangat penting mengingat lokasi kebun akan sangat mempengaruhi kualitas dari produksi buah markisa yang Sahabat Inspirasi Berkebun budidayakan. Lokasi kebun akan dipengaruhi oleh jenis buah markisa yang Sahabat Inspirasi Berkebun budidayakan. Pastikan juga kebun bisa diakses secara mudah untuk memperlancar proses pasca produksi buah markisa dan pengangkutan hasil panen buah markisa.

Selanjutnya Sahabat Inspirasi Berkebun bisa mulai mempersiapkan lahan tanam buah markisa dengan cara membersihkan lahan dari gulma serta pengolahan tanah. Apabila lahan penanaman sudah siap, maka Sahabat Inspirasi Berkebun bisa memulai proses penanaman buah markisa. 

Adapun hal terpenting yang harus Sahabat Inspirasi Berkebun perhatikan dalam proses penanaman buah markisa ialah jarak tanam antara pohon markisa yang satu dengan pohon markisa yang lain. Jarak tanam buah markisa yang ideal ialah 3 m x 3 m atau 2 m x 4 m. Hal lain yang dianjurkan mengenai cara tanam buah markisa yang baik ialah dengan memberikan campuran pupuk kandang pada tanah bagian atas penanaman.

Perawatan dan Pencegahan Hama
Selain cara menanam buah markisa yang benar, hal lain yang harus diperhatikan dalam budidaya buah markisa ialah perawatan tanaman buah markisa. Perawatan tanaman buah markisa ini terbagi menjadi beberapa tahapan mulai dari pengairan, pemupukan, pemangkasan serta pembuatan para-para. Tanaman buah markisa termasuk salah satu jenis tanaman yang sangat bergantung pada air, karena itu pengairan secara teratur sangat dianjurkan, terutama pada musim kemarau.
Cara Menanam Markisa Agar Cepat Berbuah Lebat
Untuk mempertahankan atau meningkatkan kualitas produksi buah markisa, pemupukan harus dilakukan secara teratur. Pemupukan tanaman buah markisa dipengaruhi oleh 2 faktor utama yaitu fase pertumbuhan serta usia tanaman buah markisa dan tingkat dari kesuburan tanah. Sahabat Inspirasi Berkebun bisa menggunakan berbagai jenis pupuk dengan dosis yang dianjurkan. Untuk pupuk kandang misalnya, Sahabat Inspirasi Berkebun bisa memberikan 10 Kg untuk satu pohon, sementara untuk pupuk Urea Sahabat Inspirasi Berkebun bisa memberikan 500 g untuk satu pohon.

Hal lain yang tidak kalah penting dalam penanaman buah markisa ialah pengendalian hama dan penyakit. Ada beberapa jenis hama yang dapat mengancam kualitas produksi tanaman markisa yang Sahabat Inspirasi Berkebun budidayakan seperti kutu daun dan kutu buluh putih. Sementara jenis penyakit yang cukup sering menyerang tanaman buah markisa ialah busuk pangkal batang dan buah berkayu. Cara terbaik mengatasi hama dan penyakit pada tanaman buah markisa ialah dengan cara menjaga sanitasi kebun dan merawat tanaman buah markisa secara teratur.

Demikian tulisan kami mengenai bagaimana menanam markisa agar cepat berbuah lebat. Semoga tulisan ini dapat menambah wawasan Sahabat Inspirasi Berkebun dalam berbudidaya tanaman buah. Silahkan bagikan tulisan ini ke halaman facebook Sahabat Inspirasi Berkebun untuk menyimpan tulisan ini.

Sumber: 1001 budidaya. com/ budidaya- buah- markisa/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel