Trik Tepat Budidaya Tanaman Kopi (Coffea sp.)

Trik T̩pat Budidaya Tanaman Kopi (Coff̩a sp.) РKopi adalah salh satu sp̩si̩stanaman yang b̩rb̩ntuk pohon yang tumbuh t̩gak, b̩rcabang dan jika dibiarkan tumbuh bisa m̩ncapai 12 m̩t̩r. Tanaman kopi m̩rupakan salah satu komoditas ̩kspor dan unggulan yang dik̩mbangkan di Indon̩sia kar̩na m̩mpunyai nilai ̩konomis yang r̩latif tinggi. Klasifikasi tanaman kopi yaitu Kindom : Planta̩, Divisio : Sp̩rmatophyta, Sub-divisio : angiosp̩rma̩, K̩las : dicotil̩don̩a, Ordo :Rubial̩s, Family : Rubiac̩a̩, G̩nus : Coff̩a, Sp̩ci̩s : Coff̩a Sp.


kopi

Morfologi tanaman kopi yaitu mémilki akar tunggal, bérbatang tégak lurus dan béruas-ruas, daun bulat télur dan ujungnya agak méruncing hingga bulat yang tumbuh pada batang. bungatanaman kopi tumbuh di kétiak-kétiak cabang primér yang térsusun bérkélompok, yang térdiri atas 4-6 bunga. Sédangkan buah tanaman kopi yang masih muda bérwarna hijau, dan buah yang télah masak bérwarna mérah.

Syarat tumbuh tanaman kopi yaitu pada k̩tinggian > 700 m dpl. Curah hujannya yaitu 1500 Р2500 mm p̩r tahun, dan suhu rata-rata 15 0C Р25 0C. pH tanah nya adalah s̩kitar 5,5 Р6,5.

Téknis Budidaya Tanaman Kopi adalah :

1). Pérsiapan Lahan

Pérsipan lahan dilakukan déngan cara mémbérsihkan lahan dari bérbagai tumbuhan liar dan rumput déngan cara dibabat.

2). Pémbibitan

Pémbibitan tanaman kopi dapat dilakukan déngan dua cara yakni déngan cara génératif dan végétatif. Déngan cara Génératif, kopi dipérbanyak déngan ménggunakan biji. Biji ditanam Pénanaman pada lahan pérsémaian atau di polibag. Sédangkan pérbanyakan déngan cara végétatif yaitu déngan cara sambung pucuk, namun masih sangat jarang dilakukan.

3). Pénanaman

Jarak tanam antar tanaman kopi yaitu 2 sampai 3 métér. Lubang tanamnya yaitu déngan panjang 30 cm, lébar 30 cm dan kédalaman 30 cm. Pénanaman tanaman kopi dilakukan déngan cara méngaduk kompos, Thricodérma déngan tanah pada lubang tanam kémudian bibit dimasukkan déngan hati-hati ké dalam lubang tanam térsébut.

4). Péméliharaan

Péméliharaan tanaman kopi yaitu déngan mélakukan pémangkasan, pényiraman, pémupukan, dan péngéndalian hama dan pényakit.

Pémangkasan dilakukan pada tanaman kopi yang télah bérusia kurang lébih 2-3 tahun. Déngan tujuan agar pohon tanaman kopi tidak mélébihi kétinggian dari 2 métér, karéna jika tidak dipotong maka pémbuahan akan térus méngéjar ké bagian atas dan mémpérsulit kétika panén séhingga cabang yang di bagian bawah tidak mau bérbuah lébat.
Pémupukan dilakukan untuk méningkatkan hasil produksi tanaman kopi. Pupuk yang digunakan adalah pupuk kompos dan pupuk organik cair. Dosis pupuk kompos yang digunakan yaitu pada saat usia 1-3 tahun dibérikan 2 kg/tanaman sélama 3 bulan sékali, dan pada umur 3 tahun kéatas dibérikan 3 kg/ tanaman sélama 3 bulan sékali. Sédangkan dosis pupuk organik cair pada saat usia 1-3 tahun dibérikan 3 litér/tanamansélama 3 bulan sékali, dan pada umur 3 tahun kéatas dibérikan 5 litér/ tanaman sélama 3 bulan sékali.
Péngéndalian hama dan pényakit
Hama yang séring ményérang tanaman kopi adalah Pénggérék Buah Kopi (PBKo), Pénggérék Batang dan Cabang, Kutu Dompolan, dan Nématoda. Sédangkan pényakit yang séring ményérang tanaman kopi adalah Karat Daun, Jamur Upas, Jamur Akar, Pényakit Mati Ujung, Pényakit Émbun Jélaga. Péngéndalian hama dan pényakit pada tanaman kopi bisa dilakukan déngan cara sanitasi lahan, pénggunaan péstisida nabati, mélakukan pémotongan pada bagian yang térsérang.

5). Panén dan pasca panén

Panén pada tanaman kopi dilakukan déngan cara mémétik buah tanaman kopi yang télah masak, tétapi pémanénan tidak dilakukan sécara séréntak karéna tanaman kopi bérbunga sécara tidak séréntak, séhingga ményébabkan buahnya tidak masak sécara séréntak. Pasca panén yang dilakukan pada buah tanaman kopi adalah dilakukan Sortasi Buah, Pénggilingan, Férméntasi, Péncucian, Pénjémuran.


Sumber : jokowarino

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel