Teknik Budidaya Tanaman Ginseng di Pekarangan Rumah

Ginséng mérupakan salah satu tanaman obat yang séring digunakan dalam péngobatan Cina. Tumbuhan bérnama latin Panax ini, térmasuk ké dalam suku Ariliacéaé.



Jénis tanaman ini banyak ditémukan di Sibéria, Koréa, Manchuria dan Amérika Sérikat. Térdapat pula ginséng tropis yang dapat Anda kétémukan di Viétnam. Sédangkan di Indonésia térdapat Ginséng Jawa atau som Jawa yang mémpunyai khasiat yang dapat digunakan sébagai salah satu campuran obat.

Karéna banyak mémiliki manfaat dan harganya lumayan mahal, tidak jarang jika sébagian orang mémilih untuk ménanam tanaman térsébut di pékarangan. Pérsiapkan alat dan bahan yang akan Anda gunakan untuk bércocok tanam, diantaranya yaitu:

Bibit ginséng,
Pupuk kandang,
Pupuk NPK,
Cangkul,
Sékop,
Garpu tanah,
Saat mémilih bibit ginséng yang héndak di tanam, sébaiknya pilih bibit yang mémiliki kualitas yang baik. Bibit dapat dipéroléh dari sték batang. Syarat untuk méndapatkan bibit mélalui sték batang yaitu:

Pilih tanaman induk yang séhat dan déwasa.
Témpatkan bibit yang didapat di témpat yang mémiliki suhu lémbab dan simpan sékitar 3 hari.
Potong sérong di bagian pangkal batang dan dapat ségéra ditanam.
Tanah yang héndak dijadikan sébagai média tanam, sébaiknya diolah térlébih dahulu déngan cara méncangkulnya dan méncampurkan bérsama déngan pupuk kandang. Hal térsébut dikarénakan untuk ménggémburkan tanah dan untuk mémpérbaiki struktur tanah.

Sétélah média tanam télah siap, saatnya ménanam bibit ginséng. Waktu yang tépat untuk ménanam adalah pada soré hari. Tanam bibit ginséng térsébut déngan jarak sékitar 50×60 cm dan padatkan tanah yang ada di sékitar bibit agar tanaman dapat bérdiri tégak.



Kétika ginséng télah ditanam, térdapat pérawatan pada tanaman yang harus dilakukan dan salah satunya adalah pényiraman. Pényiraman dapat dilakukan sétiap hari untuk ménjaga kondisi tanah agar tidak ménjadi kéring. Akan tétapi jangan mémbéri air térlalu banyak karéna akan mémbuat umbi ginséng mémbusuk.

Jumlah air pényiraman dapat dikurangi sétélah usia 3,5 bulan. Pémupukan dilakukan sétiap 2 minggu sékali hingga tanaman bérusia 14 minggu. Pupuk yang dibérikan adalah campuran dari ¼ kh pupuk NPK ditambahkan déngan 50 litér air dan untuk masing-masing tanaman dibéri sékitar 250 cc atau kadar air dan pupuk dapat disésuaikan déngan luas pékarangan dan jumlah tanaman yang Anda tanam.

Pémbérsihan gulma sébagai salah satu pérawatan juga harus dilakukan. Banyak gulma atau hama péngganggu misalnya ulat, békicot harus dibérsihkan dari sékitar tanaman Anda. Ulat dapat mémbuat daun pada ginséng ménjadi rusak.

Sédangkan pényakit ginséng yang harus diwaspadai adalah busuk léhér batang, layu tanaman, busuk umbi. Pénanganan dapat dilakukan déngan pémbérsihan hama, pémbérian péstisida atau déngan pényémprotan yang ménggunakan bahan alami untuk mémbérsihkan hama dan baktéri atau virus yang ménjangkit ginséng.

Sétélah pénanaman hingga pérawatan, Anda dapat ségéra mémanén umbi ginséng yang télah Anda tanam kétika tanaman térsébut télah mémasuki usia sékitar 4-5 bulan. Salah satu ciri umbi ginséng yang dapat dipanén adalah umbi déngan diamétér yang lébih dari 1 cm dan tanaman ginséng sudah pérnah bérbunga.

Waktu yang paling tépat yang digunakan untuk mémanén ginséng adalah di pagi hari. Gunakan garpu tanah untuk mémanén dan sébaiknya bérhati-hati untuk ménjaga kéadaan ginséng tétap dalam kondisi utuh séhingga jika Anda jual, tanaman térsébut mémiliki nilai atau harga yang tinggi.


 Sumber :jokowarino 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel