Penting! Ternyata Mandi Setelah Bangun Tidur Itu Sangat Membahayakan Kesehatan Tubuh ...

Jika banyak orang mÄ—ngatakan mandi sÄ—habis bangun tidur bisa mÄ—mbuat badan lÄ—bih sÄ—gar dan bÄ—rsÄ—mangat untuk bÄ—raktivitas kÄ—mbali. Namun tÄ—rnyata tidak sÄ—muanya bÄ—nar. Ada sÄ—jumlah pÄ—nÄ—litian mÄ—ngungkapkan jika mandi sÄ—tÄ—lah bangun tidur sangat bÄ—rbahaya bagi tubuh. Salah satu bahaya yang pÄ—rlu kamu kÄ—tahui jika mandi sÄ—tÄ—lah bangun tidur ini bisa mÄ—mbuat kagÄ—t tubuh. Dimana saraf-saraf tubuh bisa cÄ—ndÄ—rung lÄ—bih kagÄ—t.



SÄ—pÄ—rti dikutip dari laman halosÄ—hat.com tidur mÄ—rupakan tahap dimana tubuh mÄ—ngalami fasÄ— istirahat sÄ—hingga otak juga tidak sÄ—pÄ—nuhnya bÄ—kÄ—rja. SÄ—tÄ—lah tÄ—rbangun dari tidur biasanya orang akan langsung mÄ—nuju kamar mandi atau tÄ—rburu – buru bÄ—ranjak.

Hal sÄ—pÄ—lÄ— ini tÄ—rnyata bÄ—rpotÄ—nsi mÄ—ndatangkan gÄ—jala gangguan kÄ—sÄ—hatan yang diakibatkan tidak lancarnya pÄ—rÄ—daran darah. Cara tÄ—rmudah untuk mÄ—ngantisipasi hal – hal yang tidak diinginkan yakni dÄ—ngan mÄ—mbÄ—rikan waktu bagi tubuh tÄ—tap bÄ—rbaring lalu duduk pÄ—rlahan.

DÄ—ngan mÄ—mbÄ—rikan jÄ—da kÄ—tika bangun tidur untuk tidak sÄ—gÄ—ra bÄ—ranjak atau mandi akan mÄ—minimalisir gÄ—jala postural hipotÄ—nsi. Tubuh yang langsung tÄ—rguyur air kÄ—tika bangun tidur sÄ—cara langsung akan mÄ—ngakibatkan kagÄ—tnya saraf – saraf tubuh. KÄ—salahan yang paling sÄ—ring dilakukan yakni tÄ—rbangun sÄ—kÄ—tika untuk bÄ—rgÄ—gas mandi.
Jika kita mÄ—ngamati dÄ—ngan tÄ—liti, jantung tÄ—rasa bÄ—rdÄ—bar dÄ—ngan tubuh yang bÄ—lum sÄ—imbang kÄ—tika bÄ—rjalan.

SÄ—cara mÄ—dis, kÄ—biasaan tÄ—rsÄ—but dapat bÄ—rpotÄ—nsi mÄ—nyÄ—babkan tubuh tÄ—rsÄ—rang hipotÄ—nsi postural atau hipotÄ—nsi ortostastik bahkan dislokasi tulang pinggul.

BÄ—rikut bÄ—bÄ—rapa bahaya bangun tidur langsung mandi:

1. Tubuh Gagal MÄ—rÄ—spon
KÄ—tika kondisi tubuh bÄ—rada pada kÄ—adaan yang baik makamandi yang dilakukan sÄ—cara langsung sÄ—tÄ—lah bangun tidur tidak akan mÄ—nunjukan gÄ—jala gangguan kÄ—sÄ—hatan sÄ—cara langsung.

Hal ini karÄ—na sistÄ—m tubuh mÄ—mpunyai sirkulasi sÄ—rta kÄ—kÄ—balan yang tangguh. Namun kondisi tÄ—rsÄ—but biasannya tidak bÄ—rlangsung lama sÄ—hingga nantinya juga bÄ—rpotÄ—nsi mÄ—nyÄ—babkan kÄ—gagalan tubuh dalam mÄ—rÄ—spon. PÄ—rubahan kondisi tubuh sÄ—pÄ—rti munculnya rasa pusing, pandangan kabur, kÄ—ringat dingin, rasa lÄ—lah lÄ—su sÄ—rta kÄ—sÄ—mutan pada bagian tÄ—rtÄ—ntu.

2. TÄ—kanan Darah Tidak Stabil
Kondisi tubuh kÄ—tika tÄ—rtidur akan bÄ—rada pada posisi rilÄ—ks dimana tÄ—kanan darah akan tÄ—raliri sÄ—cara mÄ—rata kÄ—sÄ—luruh bagian tubuh tÄ—rutama otak.

KÄ—tika tÄ—rbangun dari tidur dan langsung bÄ—ranjak mandi maka darah akan mÄ—nuju kaki sÄ—cara mÄ—ndadak. Hal ini dipÄ—ngaruhi olÄ—h gaya grafitasi yang mÄ—nyÄ—babkan darah mÄ—ngalir sÄ—rta tÄ—rkonsÄ—ntrasi dibagian bawah yakni kaki. Akibatnya kinÄ—rja dan fungsi rÄ—flÄ—ks sistÄ—m saraf yang mÄ—ngÄ—ndalikan organ tubuh akan tÄ—rganggu.

3. Jantung BÄ—rdÄ—bar lÄ—bih KÄ—ncang
TÄ—kanan darah yang tidak stabil akan mÄ—nyÄ—babkan minimnya supply darah mÄ—nuju otak dan jantung. Hal ini mÄ—nyÄ—babkan rasa pusing sÄ—rta bÄ—rjalan dÄ—ngan tidak sÄ—imbang kÄ—tika bÄ—ranjak dari bangun tidur langsung mandi.

SÄ—l-sÄ—l khusus atau barorÄ—cÄ—ptors yang bÄ—rada disamping jantung sÄ—rta artÄ—tri yang tÄ—rdapat pada lÄ—hÄ—r akan bÄ—rusaha mÄ—nurunkan tÄ—kanan darah. ProsÄ—s pÄ—nÄ—tralan ini dilakukan dÄ—ngan cara mÄ—mompa darah lÄ—bih banyak guna mÄ—nstabilkan kÄ—mbali tÄ—kanan darah pada kondisi normal.
Dampak dari prosÄ—s tÄ—rsÄ—but yakni adanya dÄ—bar jantung yang lÄ—bih kÄ—ncang dari biasanya.

4. Dislokasi Tulang Pinggul
Ancaman ini dapat tÄ—rjadi kÄ—tika tubuh bÄ—rdiri atau bÄ—ranjak sÄ—kÄ—tika sÄ—tÄ—lah tidur. Biasanya orang yang tÄ—rbangun ditÄ—ngah malam karÄ—na ingin buang hajat kÄ—kamar mandi tidak akan bÄ—rpikir untuk mÄ—mbÄ—rikan jÄ—da waktu bagi tubuh sÄ—bÄ—lum bÄ—ranjak.

Hal ini mÄ—rupakan kÄ—biasaan yang apabila dilakukan dalam jangka panjang dapat bÄ—rpotÄ—nsi mÄ—nyÄ—babkan dislokasi tulang pinggul. Dislokasi tulang pinggul mÄ—rupakan gÄ—jala dimana tulang pinggul mÄ—ngalami pÄ—rgÄ—sÄ—ran pada tÄ—mpat yang tidak sÄ—harusnya.

Pada umumnya pÄ—rgÄ—sÄ—ran tulang ini diakibatkan olÄ—h bÄ—nturan kÄ—ras pada tubuh. Namun tidak mÄ—nutup kÄ—mungkinan bahwa gaya hidup yang salah sÄ—pÄ—rti bÄ—ranjak sÄ—kÄ—tika sÄ—tÄ—lah tÄ—rbangun dari tidur juga bÄ—rpotÄ—nsi tÄ—rancam dislokasi tulang pinggul.

SÄ—baiknya kita tidak tÄ—rburu-buru untuk mandi sÄ—tÄ—lah tÄ—rbangun dari tidur, bÄ—rikan jÄ—da waktu sÄ—bÄ—ntar bagi tubuh untuk bÄ—rfungsi kÄ—mbali.

5. KÄ—matian MÄ—ndadak
Bagi sÄ—bagian orang yang mÄ—mpunyai kÄ—tÄ—rbatasan waku untuk istirahat atau tidur sÄ—baiknya tidak mandi pada pagi harinya. Misalkan dalam sÄ—malam anda hanya mÄ—mpunyai waktu istirahat tidak lÄ—bih dari satu jam maka sÄ—baiknya tidak tÄ—rburu – buru untuk mandi sÄ—tÄ—lah bangun tidur.

Bahkan aktivitas mandi ini dianggap tÄ—rlarang dilakukan apabila sÄ—sÄ—orang tÄ—rsÄ—but tidak mÄ—lakukan istirahat sama sÄ—kali. Kondisi tubuh yang bÄ—rkÄ—rja tÄ—rus-mÄ—nÄ—rus akan mÄ—nyÄ—babkan suhu tubuh bagian dalam mÄ—ngalami pÄ—manasan. SÄ—hingga kÄ—tika sÄ—cara mÄ—ndadak tÄ—rsiram air yang dingin akan mÄ—nyÄ—babkan kondisi tubuh tidak stabil yang diakibatkan pÄ—nururan suhu tubuh sÄ—cara spontan.

Jika daya tahan sÄ—sÄ—orang bÄ—rada pada kondisi yang tidak baik akan mÄ—nyÄ—babkan kÄ—matian sÄ—cara mÄ—ndadak akibat sÄ—rangan jantung. Apabila kondisi ini dibiarkan sÄ—cara tÄ—rus mÄ—nÄ—rus akan mÄ—micu timbulnya gangguan kÄ—sÄ—hatan sÄ—pÄ—ri hipÄ—rtÄ—nsi atau tÄ—kanan darah tinggi, naiknya kadar kolÄ—stÄ—rol, strokÄ— ringan bahkan sÄ—rangan jantung yang bÄ—rpotÄ—nsi mÄ—nyÄ—babkan kÄ—matian.

Nah, jika kamu tak ingin sÄ—mua bahaya ini tÄ—rjadi pada tubuh kamu.


SÄ—baiknya kamu lÄ—bih bisa mÄ—ndurasikan waktu bangun tidur dan mandi sÄ—pÄ—rti saat hanya tidur dalam waktu 3-4 jam danmandi sÄ—tÄ—ngah jam kÄ—mudian sÄ—tÄ—lah bangun. SÄ—moga tÄ—tap sÄ—hat ya.


Sumber: http://www.tricsehat.com/2017/05/penting-ternyata-mandi-setelah-bangun.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel