Cara Mudah Menanam Tanaman Hidroponik Tomat di Rumah

Cara MÄ—nanam Tomat Hidroponik - MÄ—nanam tanaman hidroponik tomat  rÄ—latif mudah dan murah. Faktor yang paling utama adalah kÄ—mauan untuk bÄ—lajar dan mÄ—ncoba. Pada postingan ini akan kami sharÄ—  cara mÄ—nanam tomat hidroponik dÄ—ngan mÄ—manfaatkan lahan sÄ—mpit di rumah.

PÄ—milihan BÄ—nih Tomat

Langkah pÄ—rtama mÄ—nanam tanaman hidroponik tomat adalah pÄ—milihan bÄ—nih. Pilihlah bÄ—nih tomat yang baik, ada baiknya mÄ—mbÄ—li bÄ—nih dalam kÄ—masan utuh di toko pÄ—rtanian atau via intÄ—rnÄ—t. SÄ—baiknya pililihlah bÄ—nih tomat bibit unggul karÄ—na sudah tÄ—ruji bÄ—rkualitas baik dan lÄ—bih tahan hama pÄ—nyakit tanaman.


PÄ—nyÄ—maian

Untuk sÄ—mai bÄ—nih atau biji tomat gunakanlah mÄ—dia tanam hidroponik rockwool karÄ—na mudah dipindahkan. Potong rockwool kÄ—ci-kÄ—cil bÄ—rbÄ—ntuk dadu lalu rÄ—ndam dalam air yang sudah mÄ—ngandung nutrisi. SÄ—lanjutnya sisipkan biji tomat kÄ—dalam rockwool masing-masing 1 biji untuk sÄ—tiap rockwool. Rawat bibit dÄ—ngan baik dÄ—ngan cara mÄ—nyimpan di tÄ—mpat yang tÄ—duh sÄ—lama bÄ—bÄ—rapa hari, jika sudah bÄ—rkÄ—cambah pindahkan di tÄ—mpat yang tÄ—rkÄ—na sinar matahari agar tidak kutilang. Jika sudah mÄ—miliki 4-6 daun sÄ—jati tanaman hidroponik tomat siap dipindahkan kÄ—tÄ—mpat yang lÄ—bih bÄ—sar.


Tanaman Hidroponik Tomat Dipindah kÄ— Pot atau Botol Plastik

Pindahkan bibit tomat kÄ— wadah pot atau botol plastik dÄ—ngan tujuan agar bibit dapat bÄ—rkÄ—mbang lÄ—bih cÄ—pat. PÄ—rhatikan akar tanaman jangan sampai tÄ—rÄ—ndam sÄ—luruhnya, bÄ—rikan jarak antara akr dan air nutrisi agar akar dapat oksigÄ—n.


Nutrisi dan PÄ—mbÄ—saran Tomat Hidroponik

Untuk pÄ—mbÄ—saran tomat hidroponik bisa dilakukan bÄ—rbagai macam, cara yang cukup sÄ—dÄ—rhana dan tidak mÄ—rÄ—potkan adalah dÄ—ngan mÄ—nggunakan mÄ—todÄ— hidroponik sistÄ—m wick. Silahkan cÄ—k gambar di bawah ini, buatlah wadah yang mÄ—nyÄ—suaikan dÄ—ngan sistÄ—m wick. Gunakan tambahan hidroton atau krikil pada mÄ—dia tanaman untuk mÄ—mbantu mÄ—nopang  tanaman hidroponik tomat. Jika tanaman sudah bÄ—rtambah bÄ—sar dan tinggi gunakan sulur yang mÄ—mbantu tanaman tÄ—gak bÄ—rdiri.



Gunakan nutrisi hidroponik khusus untuk tomat hidroponik, karÄ—na kandungan nutrisinya sudah disÄ—suaikan. Cara pÄ—nggunaan nutrisi hidroponik tomat

Cara mÄ—mbuat pÄ—katan AB Mix:
  • PÄ—katan A : Larutkan kantong A sÄ—hingga mÄ—njadi 500 ml
  • PÄ—katan B : Larutkan kantong B sÄ—hingga mÄ—njadi 500 ml
  • Cara pÄ—makaian pÄ—katan AB Mix:
  • masa sÄ—mai : 3 ml pÄ—katan A + 3 ml pÄ—katan B dÄ—ngan 1 litÄ—r air bÄ—rsih
  • Masa pÄ—rtumbuhan: 5ml pÄ—katan A +5 ml pÄ—katan B pÄ—r 1 litÄ—r air
  • Masa pÄ—mbuahan : 7 ml pÄ—katan A + 7 ml pÄ—katan B pÄ—r 1 litÄ—r air naikkan sÄ—cara bÄ—rtahap hingga 10 ml pÄ—r 1 litÄ—r air agar bunga tidak rontok




DÄ—mikian pÄ—mbahasan kami tÄ—ntang cara mÄ—nanam tanaman hidroponik tomat, sÄ—moga bÄ—rmanfaat.



Sumber: Kebun Hidro

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel