Cara Menanam Brokoli di Pot

Brokoli memang salah satu sayur yang banyak memliki kandungan nutrisi didalamnya. Brokoli sangat cocok untuk direbus, brokoli juga sangat enak untuk dijadikan capcay dan juga aneka masakan lainnya, karena memang brokoli yang sangat favorit di Indonesia. 

Brokoli memang sebuah tanaman sayuran yang identik dan umumnya ditanam di kebun. Namun sebenarnya sayuran brokoli tidak hanya di tanam di kebun, karena brokoli juga bisa ditanam di pot.
Cara Menanam Brokoli di Pot
Bagi Sahabat Inspirasi Berkebun yang tidak memiliki halaman yang luas atau tidak memiliki kebun, namun ingin menanam brokoli, Sahabat Inspirasi Berkebun bisa menanam brokoli pada pot. 

Pada tulisan kali ini kami akan mebahas bagaimana cara menanam brokoli di pot. Langsung saja seperti apa langkah – langkahnya untuk menanam brokoli di pot? Silahkan Sahabat Inspirasi Berkebun perhatikan langkah-langkah berikut ini.

Sahabat Inspirasi Berkebun harus melalui beberapa step dalam proses menanam brokoli di pot dan beberapa step tersebut yang Sahabat Inspirasi Berkebun harus lalui dalam menanam brokoli di pot, diantaranya seperti dibawah ini:

Langkah awal Sahabat Inspirasi Berkebun harus mensterilkan terlebih dahulu bibit brokoli dengan menggunakan fungisida, dengan cara Sahabat Inspirasi Berkebun berikan dosis yang sesuai anjuran yang terdapat pada kemasan fungisida yang akan digunakan. 

Apabila bibit brokoli telah steril, langkah selanjutnya Sahabat Inspirasi Berkebun mulai menyeleksi dengan cara, bibit brokoli di rendam didalam air. Bibit brokoli yang bagus akan tenggelam sementara bibit brokoli yang jelek akan mengambang pada air rendaman tersebut.

Setelah Sahabat Inspirasi Berkebun merendam bibit brokoli kedalam air, langkah selanjutnya Sahabat Inspirasi Berkebun ambil bibit brokoli yang mengambang dan untuk bibit brokoli yang tenggelam biarkan dalam rendaman hingga 12 jam sampai bibit brokoli nanti menjadi sebuah kecambah.

Sambil Sahabat Inspirasi Berkebun menunggu bibit brokoli menjadi kecambah, Sahabat Inspirasi Berkebun siapkan tanah liat dan juga pupuk organik dengan komposisi sekitar 90 dibanding 10, kemudian campurkan semua bahan dicampur hingga merata. 

Setelah Sahabat Inspirasi Berkebun mencampur tanah liat dengan pupuk organik, langkah selanjutnya Sahabat Inspirasi Berkebun langsung saja masukkan tanah yang sudah bercampur dengan pupuk organik tersebut kedalam pot. 

Kemudian setelah itu Sahabat Inspirasi Berkebun masukkan bibit brokoli yang sudah menjadi kecambah kedalam sebuah pot yang telah Sahabat Inspirasi Berkebun campur dengan tanah liat dan juga pupuk organik tadi, kemudian sirami dengan air secukupnya saja.
Cara Menanam Brokoli di Pot
Langkah selanjutnya Sahabat Inspirasi Berkebun lakukan proses perawatan tanaman brokoli untuk mencegah tanaman brokoli terserang hama dan penyakit, dengan cara semprotkan pestisida walaupun belum ada gejala serangan hama pada tanaman berokoli.

Lakukan pemupukan tambahan pada tanaman brokoli ini dengan menggunakan pupuk ZA dan pupuk urea dengan dosis satu sendok teh pada setiap potnya. 

Sahabat Inspirasi Berkebun lakukan pemupukan pada minggu pertama setelah penanaman tanaman brokoli, kemudian tiga minggu setelah penanaman tanaman brokoli dan juga lima minggu setelah penanaman tanaman brokoli. Jangan lupa juga lakukan penyiraman secara rutin pada tanaman brokoli.

Demikian tulisan sederhana kami mengenai bagaimana cara menanam brokoli di pot. Semoga tulisan ini dapat menambah refrensi Sahabat Inspirasi Berkebun dalam menaman sayuran di rumah. Silahkan bagikan tulisan ini ke halaman facebook Sahabat Inspirasi Berkebun untuk menyimpan tulisan ini.

Sumber: pak- tani. com/ cara- menanam- brokoli- pada- pot/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel