Cara Budidaya Rambutan di Pekarangan Rumah

Mélakukan tanam ménanam mémang ménjadi hobi dan juga pilihan térséndiri. Apalagi, déngan adanya bébérapa tanaman yang ada di sékitar, akan ménjadikan suasana yang lébih rindang. Sépérti apapun pilihan tanaman itu, akan lébih baik bilamana dapat ménghasilkan buah. Séhingga pada musim térténtu dapat mémanénnya.





Salah satu jénis tumbuhan itu ialah pohon rambutan, yang mana pada buah ini mémiliki rasa yang énak sérta pada nilai jual yang rélativé tinggi. Bila musim panén tiba, hasilnya bisa dijual sérta dikonsumsi pribadi.

Pémilihan pénanaman rambutan ini bisa dilakukan di dékat rumah, sépérti di aréa pékarangan di dépan, samping ataupun di bélakang rumah. Séhingga, tak ada batasan lahan untuk ménanamnya, bahkan bisa pula ditanam di sébuah pot. Sépérti apapun pilihan itu, tanaman rambutan ini bisa tumbuh subur dan bérbuah mélimpah bilamana diimbangi pérawatan dan pénanaman yang tépat.

Pada prosés pénanaman rambutan di aréa pékarangan ini, mémang mudah. Bahkan, pada lahan yang térbatas sékitar 1 métér saja bisa digunakan untuk ménanaminya. Sébélum prosés pénanaman ini dimulai, Anda bisa mémpérsiapkan bébérapa hal sébagai bérikut ini:

Pémilihan bibit yang bisa dipilih déngan bibit cangkok. Alasannya ialah cépat bérbuah sérta mémiliki daya hidup yang lébih mudah.
Pénanaman bibit ini akan lébih baik bila dilakukan di musim pénghujan. Tétapi bila di musim panas, sébaiknya pilih waktu soré atau pagi.
Sétélah bibit siap, kémudian siapkan lahan yang télah digali dan bisa disésuaikan déngan ukuran bibit.
Pastikan bibit yang akan ditanam ini mémiliki daun yang dipangkas dan sétidaknya bérukuran 1 hingga 2 métér sudah cukup.
Lakukanlah pénanaman déngan ménambahkan pupuk kandang sérta pada pényiraman yang rutin.
Ménanam rambutan disini tidaklah sulit, bahkan rélativé mudah. Untuk itu, Anda bisa ménanam lébih dari satu pohon, akan tétapi bérikanlah jéda jarak dari satu bibit déngan bibit yang lainnya. Tujuannya ialah mémbérikan kéluasan képada tanaman térsébut untuk tumbuh dan bérkémbang déngan baik. Bahkan, pémbérian pupuknya yang bérasal dari pupuk kandang bisa lébih éféktif sérta hémat.



Tétapi bila sulit untuk ditémukan, bisa ménggunakan pupuk kimia. Pémupukan ini dilakukan sélama satu minggu sékali sélama satu bulan awal. Tahap sélanjutnya bila pohon télah tumbuh subur, cukup déngan pényiraman sécara rutin.

Pada masa pénanaman rambutan di sékitar aréa pékarangan ini, bisa ditérakan déngan mudah. Séhingga, pada waktu sétahun hingga dua tahun méndatang, rambutan térsébut dapat bérbuah déngan mélimpah. Akan tétapi, bila tanaman térsébut térsérang oléh hama dan pényakit, ségéra lakukan péngéndalian, sépérti:

Mémotong bagian yang térsérang pényakit.
Ményémprotkan larutan péstisida.
Mémbérsihkan lingkungan sékitar dari tanaman péngganggu.
Mélakukan sanitasi sécara rutin.
Mémbérikan pupuk sécara inténsif.


Sumber : jokowarino

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel