Info Penting!! Ingat ya Jangan Langsung Berdiri Saat kamu Baru bangun tidur! Ini Alasannya!

begitu bangun tidur, jangan terburu-buru langsung berdiri! Biarkan mata terbuka seutuhnya dan tetap berbaringlah untuk beberapa saat. Sebab kebiasaan yang terlihat sepele ini baik untuk sistem peredaran darah.

Pada saat kita tidur, tubuh berada dalam kondisi yang rileks. Dalam kondisi ini, supply tekanan darah kita merata ke seluruh tubuh bahkan ke otak. Namun saat kita berdiri secara mendadak, tekanan darah akan terlempar seketika menuju ke kaki. Ini dipengaruhi oleh gaya gravitasi sehingga konsentrasi darah secara mendadak terkonsentrasi di kaki. Kondisi semacam ini menyebabkan refleks sistem saraf atau saraf pengendalian refleks menjadi terganggu.

Yang terjadi kemudian adalah, supply darah di otak dan jantung menjadi sangat minim. Ini yang kemudian membuat kita berjalan secara gentoyoran karena kepala serasa berputar-putar. Hal lain, jantung kita juga berdebar sangat kencang. Karena, sel-sel khusus (baroreceptors) di samping jantung dan arteri leher akan menurunkan tekanan darah dan menetralkan jantung dengan cara berdegup lebih kencang untuk memompa darah lebih banyak dan menstabilkan tekanan darah.


Kondisi ini bisa menyebabkan rasa pusing yang ringan hingga kondisi yang parah seperti pingsan. Oleh sebab itu, dokter spesialis jantung, Dr dr Muhammad Yamin, SpJP(K), FIHA, FACC, FSCAI menyarankan kita untuk mengubah kebiasaan buruk ini. Jika kita dalam kondisi tidur dan hendak berdiri, jangan langsung berdiri. Tetaplah berbaring sejenak, lalu duduklah kurang lebih setengah menit, baru kemudian berdiri. Begitu pula jika kita sedang duduk. Berdirilah secara perlahan, baru melangkahkan kaki.

Berikut ini beberapa tips setelah bangun tidur, semoga bermanfaat:

1. Bila terbangun jangan langsung turun dari tempat tidur, tetapi berbaringlah selama setengah menit;
2. Setelah itu, duduk di tempat tidur selama setengah menit;
3. Turunkan kaki, duduk di tepi ranjang selama setengah menit

Setelah 3x Setengah-menit yang sederhana dipraktekkan tersebut, otak dan jantung tidak akan mengalami anaemic.

Mengapa perlu "3x Setengah Menit"?

Karena pola ECG (Electro Cardiogram) seseorang akan normal pada siang hari, tetapi ketika bangun tengah malam untuk melaksanakan hajat misalnya dan dia langsung bangun dengan tiba-tiba, otak akan menjadi anaemic, dan mengalami gagal jantung karena kekurangan darah.

belasan tahun lalu, ini pernah terjadi para ayah saya, beliau pernah langsung berdiri saat baru bangun tidur karena mendengar ribut ribut di luar rumah, saat kembali ke kamar beliau langsung ambruk tidak sadarkan diri.. jadi jangan diremehkan ya ini bukan hoax!

Semoga tips setelah bangun tidur ini dapat memberikan manfaat dan bisa mudah dipraktekkan sehari-hari.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel