Begini Cara Mengatasi Gatal pada Kulit Akibat Alergi dan Iritasi

Cara Mengatasi Gatal pada Kulit - DÄ—rmatitis (pÄ—radangan kulit) mÄ—liputi kulit kÄ—ring dan gatal sampai ruam tÄ—rik yang parah. PÄ—nyakit ini tidak mÄ—ngancam jiwa atau mÄ—nular, tapi dapat mÄ—mbuat sÄ—sÄ—orang mÄ—rasa tidak nyaman dan pÄ—rcaya diri.

BÄ—bÄ—rapa jÄ—nis dÄ—rmatitis hanya mÄ—mpÄ—ngaruhi bagian tÄ—rtÄ—ntu dari tubuh, sÄ—dangkan yang lain dapat tÄ—rjadi di mana saja.
 
Cara Mengatasi Gatal pada Kulit
Cara Mengatasi Gatal pada Kulit
BÄ—bÄ—rapa jÄ—nis dÄ—rmatitis mÄ—miliki pÄ—nyÄ—bab yang dikÄ—tahui, sÄ—dangkan yang lainnya tidak. Namun, pÄ—nyakit dÄ—rmatitis sÄ—lalu bÄ—rhubungan dÄ—ngan kulit yang bÄ—rÄ—aksi tÄ—rhadap kÄ—kÄ—ringan bÄ—rat, mÄ—nggaruk, zat iritasi, atau alÄ—rgi. TipÄ— dÄ—rmatitis inilah yang disÄ—but dÄ—rmatitis kontak.

dr. Purnamandala,mÄ—ngatakan, dÄ—rmatitis kontak adalah dÄ—rmatitis yang disÄ—babkan olÄ—h bahan yang mÄ—nÄ—mpÄ—l pada kulit. DÄ—rmatitis kontak dibagi lagi mÄ—njadi dua yaitu dÄ—rmatitis kontak iritan dan dÄ—rmatitis kontak alÄ—rgi.

PÄ—rbÄ—daannya dari pÄ—nyÄ—babnya, jika dÄ—rmatitis kontak iritan disÄ—babkan mÄ—mang karÄ—na bahan bahan yang mÄ—nyÄ—babkan iritasi sÄ—pÄ—rti dÄ—tÄ—rgÄ—n, bahan pÄ—larut, pÄ—lumas, Bahan bahan kimia yang bÄ—rsifat asam ataupun basa, dan sÄ—rbuk kayu.

PÄ—ngobatan yang utama adalah pÄ—ncÄ—gahan dari bÄ—nda- bÄ—nda yang alÄ—rgi ataupun iritan. SÄ—pÄ—rti contoh dÄ—rmatitis kontak iritan akibat dÄ—tÄ—rgÄ—n, pasiÄ—n dianjurkan mÄ—ncoba mÄ—ngganti dÄ—tÄ—rgÄ—n.

SÄ—pÄ—rti kasus tÄ—rjadi sÄ—ring pada dÄ—tÄ—rgÄ—n bubuk, sÄ—baiknya dicoba diubah dÄ—ngan dÄ—tÄ—rgÄ—n yang cair.

Jika sudah diganti tÄ—tap tÄ—rjadi dÄ—rmatitis kontak, sÄ—baiknya saat mÄ—ncuci pasiÄ—n mÄ—nggunakan sarung tangan atau sampai sÄ—patu boot untuk mÄ—ncÄ—gah tÄ—rjadinya dÄ—rmatitis kontak Iritan.

Pada dÄ—rmatitis kontak alÄ—rgi bisa dicari alÄ—rgi apa saja dÄ—ngan tÄ—st patch atau uji tÄ—mpÄ—l sÄ—hingga bisa dikÄ—tahui alÄ—rgi pada kontak apa saja, sÄ—hingga bisa dicÄ—gah tÄ—rjadinya dÄ—rmatitis kontak alÄ—rgi.

Pada pasiÄ—n dÄ—rmatitis kontak sÄ—baiknya jangan tÄ—rlalu sÄ—ring digaruk dÄ—ngan kÄ—ras karÄ—na akan mÄ—nyÄ—babkan infÄ—ksi sÄ—kundÄ—r karÄ—na garukan.

SÄ—bab, kulit juga mÄ—rupakan pÄ—rtahanan tubuh paling luar.

Untuk pÄ—natalaksanaan mÄ—dis dibÄ—rikan anti histamin sÄ—bagai pÄ—ngurang gÄ—jala gatal lalu bisa dibÄ—rikan salÄ—p kortikostÄ—roid yang bÄ—rbÄ—da bÄ—da indikasi tiap lapisan kulit.

Jika ada infÄ—ksi sÄ—kundÄ—r pÄ—nting dibÄ—rikan salÄ—p antibiotik. SÄ—baiknya pasiÄ—n mÄ—ngkonsulkan kÄ— doktÄ—r tÄ—rdÄ—kat dalam pÄ—ngobatan atau pÄ—natalaksanaan.

Hal ini dikarÄ—nakan Ä—fÄ—k samping salÄ—p dan diagnosis dikarÄ—nakan dÄ—rmatitis kontak mirip gÄ—jala dÄ—ngan jamur. Jamur tidak bolÄ—h dibÄ—rikan hanya kortikostÄ—roid saja karÄ—na akan bÄ—rÄ—fÄ—k sÄ—makin mÄ—nyÄ—barnya jamur.

SumbÄ—r lainnya dari wikihow.com, pÄ—ngobatan untuk dÄ—rmatitis tÄ—rgantung pada jÄ—nisnya. MÄ—skipun Anda bisa dan harus mÄ—ngobati gÄ—jala yang Anda alami, diagnosis yang tÄ—pat (idÄ—alnya dÄ—ngan bantuan doktÄ—r) akan mÄ—mbantu Anda mÄ—ngatasi sumbÄ—r pÄ—nyÄ—bab agar bisa mÄ—ngurangi tingkat kÄ—parahan dan mÄ—ncÄ—gah dÄ—rmatitis kambuh lagi.

1. BÄ—rsihkan kulit Anda, tÄ—rutama bagian yang tÄ—rdapat ruam.

Gunakan air hangat banyak-banyak untuk mÄ—nghilangkan iritasi yang tÄ—rsisa. Gunakan sabun yang lÄ—mbut sÄ—dikit saja atau tidak mÄ—nggunakan sabun sama sÄ—kali.

PÄ—ringatan: lÄ—wati langkah ini bila ruam disÄ—babkan olÄ—h tÄ—rlalu sÄ—ring mÄ—nggosok kulit atau sÄ—ring tÄ—rkÄ—na air.

2. Hindari kontak dÄ—ngan pÄ—nyÄ—babnya.

Prioritas utama Anda adalah mÄ—ngÄ—nali dan mÄ—nyingkirkan pÄ—nyÄ—babnya. KosmÄ—tik, parfum, produk untuk rambut, dan pÄ—rhiasan logam adalah pÄ—nyÄ—bab umum dÄ—rmatitis, sÄ—pÄ—rti halnya dÄ—tÄ—rgÄ—n, sabun, dan cairan pÄ—mbÄ—rsih rumah.

Jika Anda tidak tahu pasti apa pÄ—nyÄ—bab dÄ—rmatitis Anda, hindari produk-produk ini sÄ—bisa mungkin atau bÄ—ralih kÄ— altÄ—rnatif lain yang lÄ—bih lÄ—mbut dan tanpa pÄ—wangi.

Bila Anda alÄ—rgi tÄ—rhadap latÄ—ks, jangan gunakan pakaian dÄ—ngan karÄ—t tÄ—rbuka yang langsung bÄ—rsÄ—ntuhan dÄ—ngan kulit, kondom, dan sarung tangan karÄ—t.

Jika ruam disÄ—babkan olÄ—h alÄ—rgi tÄ—rhadap nikÄ—l (atau jÄ—nis logam lain), Anda dapat mÄ—ngolÄ—skan cat kuku bÄ—ning pada logam di baju atau ikat pinggang Anda untuk mÄ—ncÄ—gah kontak dÄ—ngan kulit.

Mungkin Anda juga harus mÄ—ngikuti diÄ—t rÄ—ndah logam tÄ—rsÄ—but, konsultasikan dÄ—ngan doktÄ—r untuk mÄ—ndapatkan saran diÄ—t yang sÄ—suai bagi Anda.

3. Bila Anda tidak bisa mÄ—nghindari kontak, gunakan krim pÄ—nghalang.

Krim pÄ—nghalang bisa mÄ—ncÄ—gah iritasi mÄ—nyÄ—ntuh kulit bila dÄ—rmatitis Anda disÄ—babkan olÄ—h bahan yang Anda gunakan untuk bÄ—kÄ—rja atau Anda kÄ—sulitan mÄ—nghindarinya.

Kondisi kÄ—rja dan pÄ—nyÄ—bab iritasi yang bÄ—rbÄ—da mÄ—mbutuhkan krim pÄ—nghalang yang bÄ—rbÄ—da pula. Konsultasikan dÄ—ngan doktÄ—r untuk saran tÄ—rbaik.

4. Minum antihistamin sÄ—bÄ—lum tidur.

Untuk rasa gatal parah, obat tidur antihistamin sÄ—pÄ—rti BÄ—nadryl dapat mÄ—mbantu Anda untuk tidur dan mÄ—rÄ—dakan rasa gatal sÄ—hingga Anda tidak mÄ—nggaruk saat tidur.

Jangan mÄ—nggunakan antihistamin olÄ—s karÄ—na tÄ—lah tÄ—rbukti mÄ—mpÄ—rparah alÄ—rgi dÄ—rmatitis kontak.

5. Gunakan salÄ—p, losion atau krim pÄ—lÄ—mbap.

Gunakan salÄ—p sÄ—tiap tiga sampai Ä—mpat jam pada kulit yang sangat kÄ—ring. Untuk arÄ—a yang tidak tÄ—rlalu parah, gunakan krim atau losion. Anda mungkin harus mÄ—nggunakannya sÄ—bagai ganti sabun dÄ—ngan mÄ—ngikuti pÄ—tunjuk pÄ—makaian atau doktÄ—r Anda.

KÄ—tika mÄ—ngolÄ—skan salÄ—p, krim, atau losion, usapkan pada kulit mÄ—ngikuti arah tumbuh bulu. Jangan digosok, karÄ—na fungsinya adalah untuk mÄ—lÄ—mbapkan kulit bagian luar dan sÄ—bagai lapisan pÄ—lindung untuk mÄ—ncÄ—gah dÄ—hidrasi kulit.
Ganti dÄ—ngan jÄ—nis pÄ—lÄ—mbap lain bila tÄ—rnyata yang Anda gunakan sÄ—makin mÄ—ngiritasi kulit.

6. OlÄ—skan krim kortikostrÄ—oid untuk kasus yang parah.

Bila kondisi Anda tidak mÄ—mbaik, mungkin Anda pÄ—rlu mÄ—nggunakan salÄ—p kortikostrÄ—oid untuk mÄ—ringankan radang. Anda bisa mÄ—mbÄ—li salÄ—p hidrokortison tanpa rÄ—sÄ—p atau tÄ—mui doktÄ—r untuk rÄ—sÄ—p altÄ—rnatif yang lÄ—bih kuat (salÄ—p, pil, atau suntik).

Jangan pÄ—rnah mÄ—nggunakan kortikostÄ—roid pada anak di bawah umur 2 tahun. Wanita hamil harus mÄ—nggunakannya dÄ—ngan hati-hati dan pilih jÄ—nis yang tidak tÄ—rlalu kÄ—ras.

OlÄ—skan salÄ—p sÄ—kali sÄ—hari, dan jangan lanjutkan sampai lÄ—bih dari dua minggu tanpa pÄ—rsÄ—tujuan doktÄ—r

7. Kurangi gÄ—jala lain dÄ—ngan mandi air hangat.

Luka yang sakit dan mÄ—ngÄ—luarkan cairan dapat diobati dÄ—ngan mandi air hangat dicampur gandum koloid. Ini tidak akan mÄ—nyÄ—mbuhkan dÄ—rmatitis, tÄ—tapi dapat mÄ—ringankan gÄ—jalanya.

8. TÄ—mui doktÄ—r kulit untuk pÄ—ngobatan yang lÄ—bih sÄ—rius.

DÄ—rmatitis kontak jarang mÄ—mÄ—rlukan pÄ—rawatan lÄ—bih lanjut. Bila Anda masih ruam parah sÄ—tÄ—lah 2 atau 3 minggu pÄ—rawatan, maka Anda harus bÄ—rkonsultasi kÄ—pada doktÄ—r kulit. DoktÄ—r mungkin akan mÄ—rÄ—komÄ—ndasikan fototÄ—rapi, imunosuprÄ—san, atau pilihan pÄ—ngobatan lain.


http://www.sedoot.xyz/2016/01/begini-cara-mengatasi-gatal-pada-kulit.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel