Islam Pun Melarangnya, Menitipkan Anak Kepada Orangtua Itu ‘Dosa’…

Islam Pun Melarangnya, Menitipkan Anak Kepada Orangtua Itu ‘Dosa’…
buat kamu yang suka  titipkan anak ke orangtua…!

Buat pendamping suami istri yg bekerja, pengasuhan anak jadi keliru satu tentang yg relatif membingungkan..

Terlebih apabila ke 2 – duanya bekerja berdasarkan pagi hingga malam, berangkat hitam pulang hitam.

Dititipkan ke pembantu takut salah  asuh hingga nir sedikit orang tua yang sehabis itu menitipkan anak – anaknya kepada orang tua ataupun mertua.

Sekilas benar orang tua yg dititipi anak bukanlah keberatan karna tiap kakek & pula nenek tentu bahagia berbarengan cucu – cucunya.

Hendak tetapi dalilnya bukanlah senantiasa demikian terlebih tingkah kanak – kanak bayi tak jarang memerlukan upaya lebih untuk menjaganya.

Malah bagaikan orangtua engkau  hendak menemukan dosa bila menitipkan anak kepada orangtua.

Berikut pemikiran islam menimpa aksi menitipkan anak pada orang tua
hukum menitipkan anak pada orangtua

menitipkan anak kepada orang tua tidaklah aksi yang pas terlebih mengurus dan jua melindungi cucu, tidaklah pekerjaan ringan hingga apabila wacana ini dicoba malah jadi kezaliman pada orang tua.

Apakah bijak membebani orang tua yang sudah uzur menggunakan tanggung jawab yang memerlukan kekokohan raga dan jua mental serupa itu?

Orang tua yang telah sepuh telah sepatutnya diperlakukan menggunakan baik dan juga lemah lembut

sebagaimana yg dipesankan allah subhanahu wa ta’ala dalam firman – nya:

“dan tuhanmu sudah memerintahkan biar   kalian jangan menyembah nir hanya ia dan pula hendaklah kalian berbuat baik pada bunda bapakmu menggunakan sebaik – baiknya. Jika keliru seorang di antara keduanya ataupun ke 2 – duanya hingga berusia lanjut pada pemeliharaanmu, sampai sekali – kali janganlah kalian mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan juga janganlah kalian membentak mereka & juga ucapkanlah pada mereka perkataan yg mulia. ” (qs. Angkatan laut (AL) israa’: 23)

ayat ini menegaskan jikalau orang tua yang sudah berumur lanjut membutuhkan perlakuan khas, berkata – kata jua harus berwaspada agar nir melukai perasaan mereka.

Orangtua yg lanjut umur fisiknya nir bagus
orang lanjut umur nyatanya hadapi bermacam pergantian mulai berdasarkan raga sampai psikologi.

Terdapat kalanya pergantian tadi berakibat mereka lebih sensitif dan juga mudah tersinggung.

Tanggung jawab pengasuhan & juga tarbiyah anak semestinya terdapat dalam pundak orang tuanya, bukan kakek & juga neneknya maupun guru – pengajar di sekolah. Inilah yang disabdakan nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam:

“kalian semua adalah pemimpin & pula kamu hendak ditanya mengenai kepemimpinan kamu. Pemimpin diantara insan ia hendak ditanya tentang kepemimpinannya. Laki-laki  adalah pemimpin buat keluarganya & jua beliau hendak ditanya tentang kepemimpinannya. Istri merupakan pemimpin dalam rumah tangga & kanak – kanak suaminya dan jua beliau hendak ditanya tentang mereka. Budak merupakan pemimpin buat harta tuannya dan jua ia hendak ditanya tentangnya. Ketahuilah jika kamu adalah pemimpin dan pula engkau  hendak ditanya mengenai kepemimpinannya. ” (hr. Bukhari dan juga muslim)

yang diartikan dengan pemimpin pada hadits ini adalah orang yg dianggap buat mengurus apa yg dibawah kepemimpinannya dan juga jua hendak melaksanakan wacana yg baik buat yang dipimpinnya.

Bila beliau lalai melangsungkan keyakinan itu hingga beliau hendak bertanggung jawab terhadap kelalaiannya. Begitu pula kanak – kanak, dalam hakikatnya ia merupakan amanah yang allah percayakan pada tiap orang tua.

Ika orang tua melalaikan apa yang jadi tanggung jawabnya yang mengakibatkan terbentuknya tentang yg kurang baik terhadap anaknya sampai orang tualah yang hendak dimintai pertanggung jawaban terlebih jika sebab melalaikan tanggung jawab tersebut cuma karna mau mengejar karir ataupun tekad individu.

Berartinya kedudukan orang tua pada tarbiyah anak
ditafsirkan nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pada sabdanya:

“setiap anak dilahirkan pada kondisi suci. Ayah dan juga ibunyalah yg hendak menjadikannya yahudi, nasrani dan pula majusi. ” (hr. Bukhari)

hadits nabi ini menggambarkan besarnya kedudukan ke 2 orang tua pada memusatkan anak, bukan aja baik ataupun buruknya kepercayaan  anak namun jua dapat berakibat anak pindah kepercayaan .

Benar lazimnya nenek ataupun kakek pastilah senang  dengan cucu – cucunya namun jika telah menitipkan sejauh hari, tiap hari, tiap minggu sampai ini namanya bukan lagi mengasyikkan namun telah membebani, bikin capek, dan jua menyusahkan.

Oleh karna itu tiap orang tua usahakan berulang memikirkan apa motifnya menitipkan kanak – kanak kepada kakek ataupun neneknya karena jika sampai menyusahkan sampai orang tua dapat terjangkit 2 kesalahan:

kesalahan karna mengabaikan kewajiban mendidik anak
kesalahan menganiaya orang tua (mertua).

Hendak tetapi apabila menitipkan kanak – kanak kepada kakek dan juga neneknya itu bertabiat insidentil ataupun sekali waktu dan jua itu juga cuma sebentar hingga – sampai nir menyusahkan terlebih lagi membikin senang  hati kakek dan jua neneknya sampai tentu aja ihwal ini bisa jadi amal shalih karna penggalan menurut mengasyikkan orang tua.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bagaikan seseorang kakek juga mempunyai banyak momen kebersamaan menggunakan cucu – cucunya spesialnya hasan & jua husain putra dari fatimah binti muhammad dan pula ali bin abi thalib terlebih lagi momen – momen yg sungguh – sungguh jua dia nir kuasa menahan pribadinya buat menggendong cucu – cucunya.
Islam Pun Melarangnya, Menitipkan Anak Kepada Orangtua Itu ‘Dosa’…

Diriwayatkan berdasarkan buraidah radhiyallahu ‘anha kala rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lagi berkhutbah, datanglah hasan & jua husain menggunakan berlari. Saat sebelum sampai pada hadapan si nabi, kedua cucu beliau itu terjatuh. Dia juga menghentikan khutbahnya, menghadiri, dan pula menggendong, lalu meletakkan kedua cucunya pada samping beliau berkhutbah. Setelah itu beliau bersabda:

“saya memandang kedua anak ini berjalan dan jua terjatuh” lanjut dia “dan saya nir dapat bersabar hingga aku  memotong khutbahku dan pula mengangkut mereka. ” (hr. Tirmidzi, ibnu khuzaimah, & pula ibnu hibban)

keakraban nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menggunakan cucunya jua nampak menurut hadits salamah bin angkatan bahari (AL) akwa yg kala itu menuntun tunggangan rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menaiki tunggangannya itu berbarengan ke 2 cucunya hasan & juga husain. Satu duduk pada depan dan pula satunya lagi duduk di balik  dia.

Terlebih lagi senangnya hati rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berbarengan cucunya pula bisa ditinjau menurut kebersamaannya berbarengan cucu angkatnya usamah bin zaid yg menggambarkan putra menurut anak angkatnya zaid bin haritsah. Usamah ketika itu digendong rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berbarengan hasan dan jua dia shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
ya allah, cintailah keduanya. Sebetulnya aku  mengasihi mereka berdua. ”

dalam riwayat lain, imam bukhari mencatat cucu angkatnya yg bernama usamah bin zaid sempat dipangku di keliru satu paha rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sehabis itu hasan yg datang baru – baru dipangku pada paha dia yang lain. Sembari memeluk keduanya, rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“ya allah, sayangilah keduanya. Sebetulnya aku  menyayangi mereka berdua. ”

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel