Resep Membuat Telur Asin yang Higienis Super Gampang Cukup 3 Bahan

Bunda di rumah pengin bikin telur asin sendiri? Yukk, ikuti cara yang satu ini bun! dijamin telur asinmu lebih higienis. Penasaran dengan cara pembuatannya bun? Simak baik-baik yah resepnya hanya ada dibawah ini..

Telur Asin

Bahan-bahan:
  • 20 buah telur bebek
  • 500 gr garam
  • 2 liter air
Cara Membuat:
  1. Rendam telur dalam air. Pastikan telur masih baru dan segar. Tandanya adalah telur tenggelam di dasar air. Kemudian bersihkan telur dan gosok2 permukaannya memakan spon cuci piring. Ini untuk membuka pori2 kulit telu. Gosok perlahan saja ya. Dan tidak usah ditekan. Nanti bisa pecah.
  2. Bilas dengan air sampai bersih. Telur harus benar2 bersih ya. Kebersihan telur mempengaruhi kualitas telur asin.
  3. Larutkan garam dalam air hangat. Saya pakai garam kasar jadi lebih mudah larut pakai air hangat. Kalau pakai garam halus bisa langsung pakai air dingin biasa. Oh yaa. Setelah garam larut diamkan air, Tunggu sampai air benar2 dingin ya.
  4. Setelah air sudah dingin, masukkan telur. Telur akan mengambang dalam larutan air garam.
  5. Supaya air bisa terendam, isi kantong plastik dg air biasa. Lalu taruh diatas telur. Pastikan semua telur ada di bawah plastik. Rendam selama 7-10 hari
  6. Taraaaa.. telur saya siap diangkat. Saya bikin tanggal 22 Desember dini hari. Saya angkat tanggal 2 Januari. 10 hari ya. Saya coba kukus 1 biji sudah asin dan masir. Sebenarnya saya mau coba pas hari ketujuh tapi kelupaan. Hahaha. Jadi pas hari ke sepuluh itu nyoba ya dan rasanya dah sesuai selera. Jadi semua saya angkat.
  7. Cuci bersih lalu kukus selama 20-30 menit. Begini penampakannya bun. Saya sukaaa. Pas banget. Ga terlalu asin dan masir. Kalau mau lebih masir lagi bisa dilamain lagi ya. Oihyaa.. karena ga pakai batu bata jadi warna kuning telurnya tetap kuning ga keoren2an ya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel