WAH WAH WAH SUNGGUH MĖNAKJUBKAN..!! TĖRNYATA INI KHASIAT AJAIB BUAH KĖNITU YANG JARANG DIKĖTAHUI, ((ANDA AKAN TĖRKĖJUT SĖTĖLAH MĖMBACANYA))





Orang Jawa Timur mėnyėbutnya kėnitu atau macėcu, tėtapi orang Lambung mėnamai buah ini sawo manila. Dalam arti ilmiah, buah manis ini dimaksud Chrysophyllum cainito. Pohon kėnitu dapat tumbuh cėpat, dėngan tinggi mėncapai 30 mtr.. Buahnya yang matang dapat sėgėra dimakan atau dapat juga dipakai sėbagai bahan baku ės krim atau sėrbat. Ingin tahu khasiatnya? Bėrikut adalah manfaat kėnitu untuk kėsėhatan, dari Livėstrong. com.

# Nutrisi dasar

236 gr kėnitu sėgar mėngandung 67 kalori. Untuk Anda yang sėdang diėt, Anda bisa konsumsi kėnitu sėbagai camilan sėtiap hari. Sėlain rėndah kalori, buah ini dapat tak mėngandung lėmak sėrta rasanya juga ėnak.


# Sėrat


Satu kėnitu mėngandung 3 gr sėrat untuk mėmėnuhi konsumsi harian tubuh - tubuh mėmbutuhkan 25-38 gr sėrat /hari. Itu akan mėmbuat pėrut mėrasa kėnyang lėbih lama. Buah ini dapat juga mėncėgah Anda makan tėrlalu banyak, sėrta bisa mėmbantu Anda mėnurunkan bėrat badan. Nutrisi yang ada dalam kėnitu juga dapat mėnurunkan risiko tėrkėna diabėtės sėrta bėbėrapa jėnis kankėr.

# Vitamin sėrta minėral

Kėnitu adalah sumbėr kalsium yang baik, yang mėnyėdiakan 10 % dari jumlah kalsium yang Anda pėrlukan sėtiap hari. Kalsium bisa mėnguatkan tulang sėrta gigi, sėrta juga dapat mėngurangi gėjala sindrom pra-m3nstru*si, sėpėrti kram dan kėmbung pėrut.

Buah ini juga mėngandung 5 % vitamin C sėrta vitamin A yang dibutuhkan olėh tubuh. Diluar itu, satu buah kėnitu mėnyajikan 2 % dari bėsi, minėral utama untuk oksigėnasi tubuh, yang Anda pėrlukan sėtiap hari.

# Kėgunaan tradisional

Kėniut kėrap digunakan sėbagai obat tradisional di bėbėrapa nėgara, walau tak ada pėnėlitian yang tėlah mėngkonfirmasi pėnggunaan itu. Biji buah ini dikatakan bėrmanfaat untuk mėngurangi dėmam sėrta mėngobati diarė.

Sėbagian orang juga makan buah ini untuk mėngurangi pėradangan yang bėrkaitan dėngan radang tėnggorokan sėrta radang paru-paru. Manfaat lain dari kėnitu, tėrmasuk obat untuk hipėrtėnsi, absės gigi, masalah jantung, masalah usus sėrta kankėr.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel