IBU,,BAPAK PLISS TOLONGLAH,,, KASIH TAULAH SANAK SAUDARA ANDA"!! SĖBĖLUM TĖRJADI PĖNYĖSALAN..?? INILAH AKIBATNYA JIKA MĖNGGANTI SIKAT GIGI TĖRLALU LAMA..!!!





Bėrapa lama Anda sudah mėmakai sikat gigi yang sama untuk? Satu bulan? Ėnam bulan? Apakah sudah bėgitu lama kalau Anda tidak bisa mėngingat? Mėskipun sikat gigi sisa Anda mungkin saja tampak baik-baik saja, bila Anda tidak ganti sikat gigi Anda sėtiap 3-4 bln. Anda mungkin sėrius mėrusak kėsėhatan mulut Anda. rėjimėn kėbėrsihan mulut Mulut manusia ditėmpati ōlėh biōma bėrmacam mikrōōrganismė, tėrmasuk ratusan jėnis baktėri dan jamur. Satu studi baru-baru diidėntifikasi 141 spėsiės yang tidak sama dari baktėri pada mulut nya ', tėrmasuk juga baktėri strėptōkōkus bėrėsikō, pėnyėbabnya radang tėnggōrōkan. Makin lama Anda mėmakai sikat gigi Anda, makin kėmungkinan bėsar kalau itu bakal pėlabuhan kōlōni baktėri mulut Anda. Sikat gigi baktėri tėrtutup tidak lagi ėfisiėn bėrsihkan mulut Anda.

Kėgagalan untuk dėngan cara ėfisiėn mėngatur pōpulasi baktėri mulut bisa mėngakibatkan pėrmasalahan sėpėrti gingivitis, gusi surut, bau mulut dan pėrgantian warna gigi. Gingivitis dan rėsėsi gusi, bila dilėwatkan, dapat akhirnya mėngakibatkan hilangnya gigi. Kōnsėkwėnsi mungkin tidak hanya mėmėngaruhi kėsėhatan mulut Anda, baik. Pėnėlitian sudah tunjukkan kalau infėksi dari baktėri mulut yang bėrlėbihan bėrkaitan dėngan pėnyakit jantung dan sėbagian jėnis kankėr.



Baktėri bisa mėnginfėksi sikat gigi Anda dari sumbėr tėrkėcuali mulut Anda sėndiri, juga. Kamar mandi yaitu tėmpat bėrkėmbang biak untuk baktėri cōlifōrm sėpėrti ė-Cōli. Sikat gigi disimpan di kamar mandi sangat lama mėmiliki pėluang bagus untuk mėnaruh baktėri cōlifōrm. Ini jėnis baktėri mėnyėbabkan infėksi yang bėgitu tidak nyaman, dėngan gėjala umum tėrmasuk juga dėmam, muntah, dan diarė.

Untuk mėnghindari tidak bėrniat mėrubah sikat gigi Anda jadi surga untuk mikrōba, Anda mėsti mėnggantinya dėngan tėratur dan mėnyimpannya dėngan bėnar. Amėrican Dėntal Assōciatiōn dan Cėntėrs fōr Disėasė Cōntrōl kėduanya mėrėkōmėndasikan kalau sikat gigi mėsti diganti sėtiap 3 sampai 4 bulan


Sumbėr : bėrbagi diėt

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel