Tips Pengembangan Pestisida Nabati

Penggunaan pestisida kimia atau pestisida sintetis banyak menimbulkan dampak yang negative, baik tehadap jasad sasaran atau bahkan bisa mencemari lingkungan mulai dari ekologi tanah, tanaman air dan berbagai komponen ekosistem lainnya.

Salah satunya cara untuk melakukan pengendalian terhadap beberapa jenis OPT (Oraganisme Pengganggu Tumbuhan) sebaiknya menggunakan bahan-bahan yang berasal dari bahan alami yang dikenal dengan nama pestisida nabati.

Untuk Sahabat Inspirasi Berkebun dapat berkembang dan mampu membangun kemandirian yang Sahabat Inspirasi Berkebun perlukan adalah sebuah strategi antara lain seperti:

1. Mudah di peroleh, pasokannya baik, kualitas, kuantitas dan konuynitas terjamin
2. Mudah untuk dibuat ekstrak, sederhana dan cepat
3. Kandungan senyawa pestisida harus efektif pada kisaran 3% hingga 5% bobot kering dan selektif
4. Bahan-bahan yang digunakan dapat dalam bentuk segar atau bentuk kering
5. Efek residunya singkat, namun cukup lama efesiensinya
6. Terdapat pelarutnya air, bukan senyawa sintetis
7. Budidayanya yang mudah, tahan terhadap kondisi suhu optimal
8. Tidak mejadi gulma atau inang dari hama dan penyakit
9. Bersifat multi guna atau multi fungsi
Tips Pengembangan Pestisida Nabati
Pengembangan pestisida nabati harus benar-benar Sahabat Inspirasi Berkebun terapkan agar Sahabat Inspirasi Berkebun jauh di katakan dari ketergantungan yang berdampak negatif. 

Kami sarankan supaya menghindari bahan aktif yang tidak boleh untuk di aplikasikan pada tanaman. Banyak sekali para petani yang menggunakan pestisida berlebihan yang bertujuan supaya hama dan penyakit pada tanaman akan mati, akan tetapi hama dan penyakit justru semakin meningkat kekebalan tubuhnya. 

Kasus tersebut sudah lama di teliti oleh para ahli dalam bidang tersebut mengenai batasan bahan aktif, bahwa bahan aktif yang berlebihan harus secepatnya untuk di hentikan agar dapat mengurangi terjadinya kerusakaan terhadap lingkungan. 

Sumber: agrotani. com/ pengembangan- pestisida- nabati/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel