Teknik Pemberian Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) Paklobutrazol

Zat pengatur tumbuh (ZPT) yang digunakan untuk merangsang pembungaan tanaman mangga ialah paklobutrazol. Tujuan dari pemberian zat pengatur tumbuh (ZPT) ini adalah untuk menghentikan pertumbuhan vegetatif tanaman. 

Tanaman mangga yang akan diberi zat pengatur tumbuh (ZPT) harus dalam kondisi sehat, tidak sedang tumbuh tunas (flush) dan telah berproduksi atau tanaman produktif. Teknik pemberian zat pengatur tumbuh (ZPT) Paklobutrazol ada 2 cara, yaitu dengan cara dikocorkan mengelilingi batang (drenching) dan diinjeksikan ke batang mangga.

Pada tulisan kali ini kami akan sedikit membagikan bagaimana teknik pemberian zat pengatur tumbuh (ZPT) Paklobutrazol pada tanaman. silahkan Sahabat Inspirasi Berkebun ikuti dan pahami langkah-langkah yang akan kami jelaskan dibawah ini.
Paklobutrazol
1. Menyiramkan Larutan (Drenching)
Cara ini diterapkan jika mudah mendapatkan air disekitar tanaman mangga. Takar paklobutrazol dengan dosis 10 cc hingga 15 cc dan masukkan kedalam 1 liter air.

Buat parit dengan kedalaman sekitar 10 cm secara melingkar mengeliingi pohon mangga dengan jarak 1 meter hingga 1,5 meter dari pohon mangga. Tuangkan larutan paklobutrazol secara merata kedalam parit tersebut.

Jika kondisi sangat kering, sebelum parit ditutup perlu disiram lagi dengan air sebanyak 3 liter hingga 4 liter untuk 1 pohon. Kemudian tutup parit tersebut dengan menggunakan tanah bekas galian, sampai seluruh parit tertutup.

Aplikasi selesai. Tahapan aplikasi paklobutrazol dengan teknik drenching dipaparkan pada gambar 1.

2. Cara Injeksi (Bor)
Cara ini diterapkan untuk lokasi yang sulit mendapatkan air disekitar tanaman mangga. Batang mangga dibor miring dengan kemiringan hingga 45 derajat dengan kedalaman sekitar 10 cm pada ketinggian 75 cm hingga 100 cm dari permukaan tanah.

Dengan menggunakan alat spet, paklobutrazol disedot sebanyak 10 cc hingga 15 cc kemudian disuntikkan kedalam lobang bor tadi. Kemudian lobang di sumpal atau di sumbat dengan menggunakan dedaunan kering atau kertas koran yang dibulatkan, kemudian ditutup dengan parafin yang dipanaskan hingga lobang tertutup hingga rapat.

Aplikasi selesai. Tahapan aplikasi paklobutrazol dengan cara injeksi (bor) dipaparkan pada gambar 23.
Gambar 2. Tahapan aplikasi paklobutrazol melalui injeksi: a. Batang dibor, b. ZPT diinjeksikan ke dalam lobang, c.  Lobang disumbat, d. Parafin dipanaskan hingga cair dan e. Lobang ditutup dengan parafin cair
Aplikasi KNO3 (Pada Mangga Arumanis)
Aplikasi KNO3 ini sering diterapkan pada mangga Arumanis akan tetapi belum secara umum diterapkan pada mangga Gedong Gincu. Prosedurnya adalah sebagai berikut:.

Buat larutan KNO3 dengan konsentrasi 2 gram/Lt. Semprotkan larutan KNO3 secara merata, 1 bulan setelah aplikasi paklobutrazol. Fungsi dari penggunaan larutan KNO3 ini ialah untuk menginisiasi pembungaan.

Sumber: balitbu. Litbang. pertanian. go. id/ ind/ index. Php/ hasil- penelitian- mainmenu- 46/ 114- inovasi- teknologi/ 961- teknologi- pembuahan- mangga- di- luar- musim- off- season

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel