Cara Pengendalian Cemaran Getah Kuning Pada Buah Manggis

Cemaran getah kuning adalah merupakan salah satu faktor penting yang menyebabkan rendahnya kualitas dari buah manggis. Cemaran getah kuning pada buah manggis bisa dibedakan menjadi 2, yaitu :

Pertama cemaran getah kuning pada bagian kulit luar buah manggis (seperti terlihat pada gambar 1) hal ini disebabkan oleh faktor dalam yaitu gangguan fisologis, yaitu pecahnya dinding sel saluran getah kuning dan faktor luar akibat dari gangguan mekanis, yaitu gesekan, benturan, memar dan gangguan lain. Getah kuning yang mencemari kulit luar buah manggis menyebabkan penampilan buah manggis menjadi tidak menarik.
Cemaran Getah Kuning Pada Buah Manggis
Kedua getah kuning pada bagian dalam buah manggis (seperti terlihat pada gambar 2), hal ini disebabkan oleh gangguan fisiologis, yaitu pecahnya dinding sel epiteliium saluran getah kuning akibat dari faktor fisiologis. Getah kuning yang mencemari daging buah manggis menyebabkan warna daging buah manggis berubah kuning dan rasanya pahit

Pecahnya sel epitelium dari saluran getah kuning terkait erat dengan perubahan potensial air serta ketersediaan Boron dan hara Kalsium. Tekanan tugor yang cukup tinggi terjadi akibat dari fluktuasi potensial air tanah secara drastis dalam waktu yang relatif pendek dan berpengaruh terhadap peningkatan tekanan dinding sel-sel saluran getah kuning baik dari dalam maupun dari luar sel. 

Dinding Sel saluran getah kuning yang lemah akibat dari kekurangan boron dan kalsium akan sangat mudah pecah, boron dan Kalsium merupakan unsur yang penting dalam menyusun stuktur dinding sel.

Pada tulisan kali ini kami akan membahas bagaimana cara pengendalian cemaran getah kuning pada buah manggis. Langsung saja Sahabat Inspirasi Berkebun perhatikan langkah-langkah yang akan kami jelaskan dibawah ini.

Cara Pengendalian Cemaran Getah Kuning
Menjaga kelembaban tanah
Tujuan dari menjaga kelembaban tanah ialah untuk menjaga kestabilan potensial air tanah dan tekanan turgor sel tanaman sehingga buah manggis akan terhindar dari kerusakan akibat getah kuning. 

Cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kelembaban tanah adalah pemberian mulsa jerami atau sekam dibawah kanopi tanaman manggis untuk mengurangi penguapan terutama selama pada musim kering, Irigasi tetes ke bidang perakaran tanaman manggis terutama selama fase pembuahan dari bunga manggis hingga buah manggis siap panen, membuat saluran irigasi diantara barisan tanaman manggis pada lahan basah dan pengairan yang teratur.
 Cara menjaga kelembaban tanah : menggunakan mulsa A. Mulsa sekam, B. Mulsa jerami, C. Saluran drainase diantara tanaman
Sumber : Martias, Ellina Mansyah
Pemupukan dengan Pupuk Kalsium
Pupuk kalsium diberikan sebanyak 2 kali, yaitu pertama pada saat 80% bunga manggis sedang mekar sempurna diberikan sebanyak 2/3 dari dosis yang di anjurkan. Pemberian kedua pada saat 28 hari setelah pemberian pertama sebanyak 1/3 dari dosis yang di anjurkan.

Pemupukan dengan Pupuk Boron
Pada tanaman manggis, kelebihan dan kekurangan boron bisa mengakibatkan timbulnya cemaran getah kuning pada buah manggis. Pada lahan yang mempunyai kandungan boron tanah tergolong sedang antara 1.00 ppm hingga 2.00 ppm, penambahan boron cukup pada dosis yang rendah. Pupuk boron diberikan 1 kali pada saat 80% bunga manggis mekar secara sempurna.

Cara pemberian pupuk boron dengan cara pupuk boron disebar secara merata diatas piringan tanah dibawah proyeksi tajuk tanaman manggis kemudian ditutup kembali dengan tanah.
Proses pemberian pupuk kalsium
(kiri)Pupuk disebar secara merata di atas piringan tanah(kanan) pupuk ditutup kembali dengan tanah
Dosis anjuran Borate dan Dolomit untuk meminimalkan cemaran getah kuning pada tanaman manggis.
Pemberian Boron (B) dan kalsium (Ca) di dasarkan atas hasil analisis daun yaitu B < 90 ppm dan Ca < 1,25 %
Sumber Ca: Dolomit (Ca = 30%)
B : Borat-48 (B=14.9 %)

Demikian tulisan kami mengenai bagaimana cara pengendalian cemaran getah kuning pada buah manggis. Semoga tulisan ini dapat membantu Sahabat Inspirasi Berkebun dalam berbudidaya tanaman manggis. Silahkan bagikan tulisan ini ke halaman facebook Sahabat Inspirasi Berkebun untuk menyimpan tulisan ini.

Sumber: Titin Purnama (balitbu. litbang. pertanian. Go .id/ Ind/ index. php/ hasil- penelitian- mainmenu- 46/ 114- inovasi- teknologi/ 990- teknologi- pengendalian- cemaran- getah- kuning- pada- buah- manggis

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel