Berkebun Sayuran dengan Wadah Wadah

Bahkan méréka yang tidak mémiliki pékarangan dapat ménikmati bérkébun déngan ménggunakan wadah. Ikuti énam langkah bérikut dan Anda akan ségéra ménikmati kébun kécil Anda séndiri.
Bérkébun adalah hobi yang sangat populér yang dapat mémbahagiakan Anda. Bérkébun sayuran dapat ménjadi lébih dari sékadar hobi, dan ménjadi sumbér makanan ségar bagi kéluarga Anda. Namun, apa yang Anda lakukan jika Anda tidak punya lahan yang luas, atau bahkan tidak punya ruang bérkébun sama sékali?

Banyak p̩nghuni apart̩m̩n dan kondominium m̩nikmati b̩rk̩bun m̩lalui p̩nggunaan wadah. Pot-pot dapat ditaruh di d̩pan pintu rumah, t̩ras, atau balkon Рt̩mpat apa saja yang m̩mp̩rol̩h sinar matahari adalah t̩mpat yang dapat digunakan untuk b̩rk̩bun d̩ngan wadah.



Bérikut adalah bébérapa pétunjuk cara mémulai.

Pilihlah tanaman yang tépat

Ada tanaman yang tumbuh lébih baik dalam wadah dari pada lainnya, jadi pikirkan baik-baik téntang apa yang Anda inginkan. Tanaman bésar sépérti jagung atau labu bésar sulit ditanam dalam wadah, séméntara tanaman yang mémérlukan ruang kécil sépérti wortél atau lobak adalah pilihan baik. Kacang-kacangan, tomat, sélada, dan rémpah-rémpah adalah pilihan populér lainnya.

Pilihlah wadahnya

Tidak ménghérankan, lébih bésar biasanya lébih baik kétika sédang mémilih wadah. Wadah kécil lébih cépat kéring, jadi itu akan pérlu pérhatian lébih. Wadah bésar dapat ménampung banyak jénis tanaman pada waktu yang bérsamaan. Pilihlah tanaman yang mémbutuhkan jumlah air dan cahaya yang sama, dan méréka akan ménjadi tétangga yang rukun. Anda dapat ménggunakan jénis wadah apa pun asalkan ada drainasénya. Jika Anda punya sésuatu yang Anda ingin daur ulang ménjadi wadah sayuran tétapi tidak punya saluran air, Anda hanya cukup mémbuat bébérapa lubang di bagian bawahnya. Untuk bantuan tambahan, Anda juga dapat ménaruh satu lapisan batu di bagian bawah wadah sébélum ménambahkan tanah.

Pilihlah tanah yang tépat

Bélilah tanah pot bérkualitas baik daripada ménggunakan tanah dari pékarangan. Kébanyakan tanah pot akan méngandung pupuk yang dipérlukan bagi tanaman untuk bérkémbang déngan baik, dan Anda tidak akan mémérlukan pupuk hingga bérbulan-bulan ké dépan. Tanah pot juga méngandung bahan-bahan lainnya yang mémbantu mémbuatnya tétap longgar dan tidak padat. Anda juga tidak akan sécara tidak séngaja mémbawa hama atau sérangga ké kébun kécil Anda.

Pilihlah pupuk Anda

Kétika saatnya mémupuk tanaman, pilihlah jénis pupuk yang tépat untuk sayuran, daripada untuk bunga atau tanaman rumah. Sumbér pupuk yang bagus dan gratis adalah untuk ménggunakan air dari akuarium kétika itu sudah mulai kotor.

Pilihlah antara bénih atau tanaman kécil

Anda punya pilihan antara ménanam bénih atau tanaman kécil. Bénih hampir sélalu lébih murah, tétapi tanaman kécil mémbérikan Anda awal lébih cépat untuk mémanén. Ada tanaman, sépérti wortél dan lobak, yang paling baik ditanam dari bénih.

Pilihlah témpat déngan banyak sinar matahari

Kébanyakan sayuran sangat ményukai banyak sinar matahari. Putarlah wadah sépérlunya, sésuai déngan jumlah sinar matahari atau témpat bértéduh yang Anda miliki.

Bérkébun déngan wadah mémiliki kéuntungan atas bérkébun tradisional kétika harus ménghadapi cuaca buruk. Jika Anda méndéngar akan ada hujan déras, Anda dapat mémbawa tanaman masuk ké dalam rumah sampai hujannya bérhénti. Di bébérapa daérah, Anda dapat mémpérpanjang panén lébih lama dari yang biasanya Anda harapkan.

Mulailah bérkébun déngan wadah, dan Anda akan mampu ménikmati produk ségar déngan biaya murah.

Sumber : keluarga

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel